Aspartam.
Sumber :
  • Reuters

Mengenal Apa Itu Aspartam, Pemanis Buatan Pemicu Kanker

Sabtu, 1 Juli 2023 - 07:38 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO dalam waktu dekat akan mengumumkan aspartam atau pemanis buatan dalam Diet Coke, es krim hingga permen bisa menyebabkan kanker pada manusia. Apa itu aspartam?

Aspartam adalah pemanis buatan rendah kalori yang terbuat dari dua jenis asam amino, yaitu fenilalanin dan asam aspartat yang merupakan komponen pembangun protein.

Pada dasarnya, aspartam tidak membahayakan kesehatan tubuh selama dikonsumsi dalam batas yang wajar. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, aspartam berisiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari gangguan perilaku, diabetes, penyakit alzheimer, hingga kanker.

Apa itu aspartam?

Aspartam adalah senyawa yang terbuat dari fenilalanin dan asam aspartat. Fungsi aspartam adalah untuk menggantikan gula atau pemanis pada produk makanan dan minuman yang dijual bebas di pasaran.

Meski digunakan dalam jumlah sedikit, aspartam dapat memberikan rasa lebih manis dibandingkan dengan gula alami atau sukrosa. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients (2021), aspartam memiliki tingkat kemanisan sebesar 180–200 kali lebih manis daripada sukrosa. Karena itu, aspartam kerap digunakan sebagai gula diet untuk penderita diabetes.

Risiko kanker ini diumumkan WHO berdasarkan hasil studi Badan Internasional Penelitian Kanker atau IARC yang dinaungi WHO, usai meninjau keamanan gula pemanis buatan aspartame dalam waktu dekat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral