Ilustrasi - Lari Marathon.
Sumber :
  • Pexel.com

Yuk Lakukan 5 Hal Ini untuk Minimalkan Risiko Lari Maraton

Selasa, 11 Juli 2023 - 04:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Saat mengikuti ajang lari maraton meminimalkan risiko penting dilakukan bagi setiap peserta olahraga guna mendukung performa saat berlari.

Keselamatan menjadi prioritas utama saat mengikuti lari maraton, tentu saja dengan membekali diri dengan ketahanan fisik dan mental.

Berikut tips untuk melakukan persiapan dan latihan yang akan mendukung pengalaman lari maraton, seperti dilansir siaran pers penyelenggara Maybank maraton 2023.

Pemeriksaan kesehatan

Mulailah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu untuk memastikan tak ada masalah kesehatan tertentu seperti penyakit jantung, kolesterol tinggi, tekanan darah, hingga gula darah yang tidak normal.

Langkah ini penting untuk mengetahui risiko saat berlari jarak jauh dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Kemudian, diskusikanlah kondisi kesehatan Anda bersama dokter dan ikutilah saran dari dokter. Lakukan latihan secukupnya untuk mengutamakan keselamatan saat berolahraga.

Lakukan pemanasan dan peregangan

Agar otot dapat bergerak lebih baik lakukanlah pemanasan dan peregangan. Menurut penelitian dari Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports menyebutka, peregangan akan membantu mengurangi ketegangan.

Oleh sebab itu, sebaiknya mengawali latihan dengan berjalan cepat dan beberapa gerakan perlahan seperti mendekatkan lutut ke dada atau memutar bahu. Lanjutkanlah selama beberapa menit, serta secara bertahap perluas rentang gerak pemanasan Anda.

Gunakan sepatu yang tepat

Ftur khusus pada sepatu akan mempengaruhi aspek performa lari, hal tersebut seperti diungkapkan dalam penelitian dari National Center for Biotechnology Information menyebutkan bahwa Oleh sebab itu, pilihlah sepatu yang paling ringan dan nyaman tanpa teknologi kontrol pronasi.

Cobalah beberapa tipe sepatu berbeda saat melakukan latihan dengan menyesuaikan kebutuhan, gaya lari, serta berat badan Anda agar menemukan sepatu yang tepat dalam menempuh jarak panjang lari maraton.

Dengarkan tubuh

Ketika berlari dengan rute yang cukup panjang, biasanya tubuh akan memberikan sinyal saat mengalami kelelahan. Lakukanlah latihan dengan teknik dan peralatan yang tepat, serta imbangi dengan istirahat cukup untuk menghindari cedera.

Perhatikan kondisi kesehatan dan kenali tanda yang muncul jika merasa tidak nyaman di area tertentu. Jangan mengabaikan rasa sakit. Segera berhenti secara perlahan dan mengambil posisi istirahat, serta kunjungi fasilitas kesehatan terdekat jika sakit berlanjut.

Nutrisi yang cukup

Selama ajang perlombaan berlangsung, pastikan tubuh Anda tetap menerima jumlah cairan yang sama dengan tingkat keringat yang dikeluarkan. Sebagai gambaran, seorang pelari bisa menghabiskan sekitar 180 hingga 210 mililiter cairan dari dalam tubuh setiap 15 menit berlari.

Di samping itu, sebaiknya hindari jenis makanan dan minuman yang baru di hari kompetisi demi mencegah timbulnya masalah pada pencernaan. Cari tahu produk minuman di pos-pos sepanjang rute lari dan mulai gunakan produk tersebut selama latihan agar tubuh terbiasa. (ant/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral