Astaga! Ternyata Alami Toxic Person Dampaknya Terlalu Bahaya, Bisa Lari ke Jantung, Berikut Penyebab Utamanya.
Sumber :
  • Istimewa

Astaga! Ternyata Alami Toxic Person Dampaknya Terlalu Bahaya, Bisa Lari ke Jantung, Berikut Penyebab Utamanya

Jumat, 18 Agustus 2023 - 11:04 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Istilah toxic person akhir-akhir ini populer di kalangan gen Z. Meskipun istilah itu sudah populer sebelumnya. Populernya kembali istilah toxic person ini, tak lain karena istilah ini kerap dibahas dan disebut ketika mereka berdiskusi dan nongkrong bareng di sebuah cafe, atau tempat lainnya.
 
Akan tetapi, istilah toxic person ini pun masih belum mengetahuinya. Tak hanya itu saja, apa yang menyebabkan orang bisa alami toxic person serta dampaknya pun masih banyak yang belum tahu.

Dalam program Hidup Sehat di tvone, Spesialis Kejiwaan, dr. Nova Riyanti Yusuf, Sp.KJ, katakan, toxic person itu adalah seorang yang perilakunya bisa membuat manusia merasa tidak nyaman, kesal merasa mempertanyakan harga diri, dan mempertanyakan nilai dirinya.

"Toxic person bisa seorang korban bullying atau pelaku. Bisa juga mereka yang terlalu kepo dengan urusan lain kemudian menceritakan ke orang banyak, atau justru orang yang terlalu sering diabaikan. Selain itu, bisa juga terjadi pada orang yang positif biasanya berupa nasihat toxic positivity," kata Spesialis Kejiwaan, Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, Sp.KJ seperti yang dilansir dari kanal YouTube, Jumat (18/8/2023).  

Sementara itu, Nova Riyanti Yusuf katakan, penyebab dari toxic person ini terjadi ketika adanya hubungan di antara dua orang.

"Kita harus tahu bahwa toxic ini dua orang saling terhubung dalam interaksi yang mana tidak ada kebutuhan kepedulian yang setara di antara keduanya, lebih kepada hubungan ini mengakomodir tuntutan individu yang merupakan toxic person," ucap Nova Riyanti Yusuf.

Sambungnya menjelaskan bahwa sering kali orang yang dikatakan toxic person itu sebenarnya punya stres atau trauma yang sebenarnya tidak bisa dia kelola.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral