10 Alasan Mengapa Tidur Baik dan Berkualitas Itu Penting.
Sumber :
  • unsplash- Lux Graves

10 Alasan Mengapa Tidur Baik dan Berkualitas Itu Penting

Minggu, 21 November 2021 - 18:14 WIB

Jakarta - Tidur malam yang berkualitas dan nyenyak merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan. Faktanya, tidur yang baik sama pentingnya dengan makan sehat dan berolahraga. Namun sayang, banyak hal yang mengganggu pola tidur sehingga mengakibatkan kualitas tidur pun menurun.

Mengapa tidur yang baik dan berkualitas itu penting? Berikut 10 alasannya.

Kurang tidur dikaitkan dengan berat badan yang lebih tinggi
Tidur yang buruk sangat terkait dengan penambahan berat badan. Seseorang dengan durasi tidur pendek cenderung memiliki berat badan yang jauh lebih besar daripada mereka yang cukup tidur. Faktanya, durasi tidur yang pendek adalah salah satu faktor risiko terkuat untuk obesitas.

Dalam satu studi tinjauan ekstensif, anak-anak dan orang dewasa dengan durasi tidur pendek masing-masing 89% dan 55% lebih mungkin terkena obesitas. Efek tidur pada penambahan berat badan diyakini disebabkan oleh banyak faktor, termasuk hormon dan motivasi untuk berolahraga. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, tidur berkualitas sangat penting.

Orang yang tidur nyenyak cenderung makan lebih sedikit kalori
Studi menunjukkan bahwa individu yang kurang tidur memiliki nafsu makan yang lebih besar dan cenderung makan lebih banyak kalori.

Kurang tidur mengganggu fluktuasi harian hormon nafsu makan dan diyakini menyebabkan nafsu makan yang buruk. Hal ini termasuk menaikan kadar ghrelin (hormon yang mengatur sensasi lapar) yang lebih tinggi dan menurunkan kadar leptin, hormon yang menekan nafsu makan.

Tidur yang baik dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas
Tidur penting untuk berbagai aspek fungsi otak, termasuk kognisi, konsentrasi, produktivitas, dan kinerja. Hal-hal tersebut tidak akan berjalan secara optimal jika kualitas tidur tidak baik.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral