Suasana Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.
Sumber :
  • Rusdy Muslim

Waspada Omicron, KKP Temukan 40 Penumpang Positif Covid-19 di Bandara Soetta

Kamis, 9 Desember 2021 - 11:47 WIB

Tangerang, Banten - Sebanyak 40 penumpang yang tiba dari luar negeri diketahui kedapatan positif Covid-19. Mereka terkonfirmasi usai menjalani tes PCR, setelah tiba di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Soekarno-Hatta, dr Darmawali Handoko mengatakan, 40 sampel positif itu ditemukan sejak dilakukannya pencegahan masuknya Covid-19 varian B.1.1.529 atau Omicron. 

"Seluruh sampel positif langsung dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Litbangkes Kemenkes) untuk dilakukan genom sequencing agar diketahui varian dari sampel tersebut," katanya, Kamis (9/12/2021).

Sejauh ini, dari sampel yang dikirimkan, pihaknya belum menerima informasi ditemukannya varian Omicron dari sampel positif yang dikirim ke Badan Litbangkes tersebut.

"Belum ada informasi soal varian omicron dari sampel yang kita kirim, karena untuk mengetahui varian omicron harus dilakukan genom sequensing oleh litbangkes dan tidak serta merta bisa ditentukan oleh laboratorium PCR biasa," ujarnya.

Meski begitu, pemerintah terus memperketat pintu kedatangan internasional bagi para pelaku perjalanan luar negeri yang masuk ke Indonesia melalui transportasi udara. (Rusdy Muslim/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral