Ilustrasi - Wanita hamil.
Sumber :
  • Antara Foto

Waspada! Alami Komplikasi Saat Kehamilan, Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Sabtu, 23 Maret 2024 - 06:16 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Wanita yang mengalami komplikasi saat menjalani kehamilan cenderung memiliki risiko terkena penyakit jantung di kemudian hari.

"Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa wanita dengan riwayat hasil kehamilan yang buruk cenderung memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular di kemudian hari. Namun, tidak diketahui seberapa besar peningkatan risiko penyakit kardiovaskular ini berpotensi diubah oleh perilaku gaya hidup sehat, " kata penulis utama studi, Dr. Frank Qian yang dikutip laman Medical Daily, Jumat (22/3).

Para peneliti menggunakan data dari UK Biobank dengan catatan kesehatan sekitar 500.000 orang dewasa, termasuk data dari 2.263 wanita yang sebelumnya didiagnosis mengalami hasil kehamilan yang merugikan dan 107.260 wanita yang tidak memiliki riwayat komplikasi selama kehamilan.

Studi tersebut memperhitungkan komplikasi kehamilan, termasuk solusio plasenta, diabetes gestasional, ukuran kecil untuk usia kehamilan, kelahiran prematur, dan gangguan hipertensi dalam kehamilan seperti preeklamsia atau hipertensi gestasional.

Studi ini menyelidiki hubungan antara skor Life's Essential 8 dan risiko penyakit jantung pada wanita hamil, termasuk mereka yang mengalami komplikasi dan mereka yang tidak mengalami komplikasi.

Wanita yang memiliki ukuran kesehatan kardiovaskular yang lebih baik pasca kehamilan, atau mereka yang memiliki skor Life's Essential 8 lebih tinggi dari 76, menunjukkan risiko 57 persen lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular dibandingkan wanita dengan skor di bawah 67.

"Wanita yang mengalami komplikasi selama kehamilan dan skor kesehatan kardiovaskular yang buruk setelah kehamilan memiliki peningkatan risiko terkena penyakit kardiovaskular sebesar 148 persen. Di antara wanita dengan riwayat komplikasi kehamilan, mereka yang mencapai atau mempertahankan kesehatan jantung yang baik setelah kehamilan memiliki risiko yang sama," demikian rilis berita tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral