Inovasi alat monitoring rehabilitasi stroke dengan peninjauan sinyal listrik otak.
Sumber :
  • tvone - sandi irwanto

Inovasi, Rehabilitasi Pasien Stroke Lewat Pemantauan Sinyal Listrik Otak

Kamis, 13 Januari 2022 - 16:46 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Saat ini rehabilitasi pasien stroke masih mengandalkan metode pengamatan visual, sehingga perkembangan fisik pasien pasca stroke sulit dipantau karena kurang akuratnya pengamatan.

Maka dari itu, tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang bekerja sama dengan RSUD dr Soetomo dan Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya  menginovasikan alat monitoring rehabilitasi stroke, dengan peninjauan sinyal listrik otak.

Ketua tim penelitian dr Adhi Dharma Wibawa ST MT menyampaikan, gejala stroke mampu merusak kemampuan motorik seseorang, sehingga pemantauan motorik pasien secara berkala dapat meningkatkan akurasi diagnosis. Kemampuan motorik ini dapat ditinjau berdasarkan sinyal listrik otak manusia atau yang dikenal dengan istilah Electro Encephalography (EEG).

“Alat dapat digunakan pasien secara mandiri dengan bantuan tenaga kesehatan dari jarak jauh, sehingga mengurangi aktivitas fisik yang dapat memperburuk kondisi pasien,” ungkap Adhi.

Dosen Departemen Teknik Komputer ITS ini menjelaskan bahwa sinyal EEG akan muncul setiap manusia melakukan aktivitas. Mulai dari mengingat, mendengarkan, melihat, bahkan saat menggerakkan anggota tubuh. Maka dari itu, pasien akan diminta untuk melakukan beberapa pergerakan fisik oleh tenaga kesehatan untuk menganalisis sinyal EEG pasien.

“Pasien hanya perlu menggunakan alat di kepala, lalu elektroda yang mengenai kulit kepala akan menangkap dan menguatkan sinyal EEG,” tutur lelaki asal Surabaya ini.

Sinyal listrik yang dihasilkan otak sendiri sangat kecil hanya berskala mikro volt, sehingga dibutuhkan penguatan sinyal dan penyaringan noise yang berulang. Setelah dikuatkan, sinyal EEG akan difilter berdasarkan frekuensinya dan dikelompokkan menjadi empat jenis sinyal dasar, yaitu delta, theta, alpha, dan beta.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:04
01:41
01:18
01:54
01:26
01:52
Viral