Benarkah gaya hidup vegan dapat membantu menurunkan berat badan?.
Sumber :
  • unsplash.com

Bisakah Diet Vegan Menurunkan Berat Badan?

Selasa, 26 April 2022 - 13:17 WIB

Vegan dan vegetarian memang merupakan filosofi dan gaya hidup dimana penganutnya tak mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan. Namun bedanya vegetarian 'hanya' tak mengkonsumsi makanan dari hewan sedangkan vegan menolak mengonsumsi hewan untuk segala hal mulai dari makanan, pakaian, serta uji coba pada hewan.

Berbeda dengan vegetarian yang masih mengkonsumsi susu, telur, atau bahkan ikan, diet (makanan) kaum vegan hanya boleh terbuat dari tumbuh - tumbuhan. Artinya vegan tidak akan mengonsumsi daging, telur, dan juga susu bahkan keju dan madu.

Banyak makanan yang terbuat dari hewan sarat dengan lemak dan kalori. Sehingga jika ditanya apakah diet vegan dapat menurunkan berat badan, maka jawaban singkatnya adalah iya. Hal ini karena diet vegan tak mengkonsumsi lemak hewan yang tinggi dengan kalori.

Riset menemukan bahwa orang - orang yang menganut gaya hidup vegan cenderung memiliki indeks massa tubuh (body mass index / BMI) yang lebih rendah.

Dilansir dari laman medicalnewstoday.com, penganut gaya hidup ini telah dibuktikan lebih sehat dari aspek tingkat kolesterol dan risiko kanker daripada orang - orang yang memakan daging.

Adapun beberapa manfaat kesehatan yang kerap diasosiasikan dengan diet vegan dan vegetarian antara lain seperti mampu meminimalisir risiko mini stroke, mengurangi inflamasi, menurunkan gula darah, serta rendahnya risiko mengalami katarak.

Selain itu sebuah kajian pada tahun 2015 mengungkapkan bahwa makanan vegetarian (termasuk vegan) kaya akan lemak nabati yang mampu meningkatkan proses metabolisme tubuh. Artinya para vegetarian dan vegan dapat membakar kalori bahkan saat mereka beristirahat. Hal ini tentunya membuat upaya menurunkan berat badan akan jauh lebih efektif.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral