Menjelang Lebaran, Ini Tips Mencegah Kolesterol dan Berat Badan Naik.
Sumber :
  • unsplash

Menjelang Lebaran, Ini Tips Mencegah Kolesterol dan Berat Badan Naik

Rabu, 27 April 2022 - 10:28 WIB

Setiap tahunnya, Lebaran selalu diramaikan dengan makanan-makanan yang sedap. Namun, perlu diingat, makanan Lebaran tak sedikit yang mengandung santan dan lemak. Kedua kandungan itu meskipun enak, tapi berisiko jadi penyebab kolesterol dan berat badan naik.

Kolesterol sendiri merupakan salah satu jenis lemak yang terdapat di dalam tubuh. Kolesterol juga memiliki fungsi penting bagi tubuh. Namun, jika kadarnya melebihi batas normal, kolesterol akan menumpuk dan menyumbat pembuluh darah.

Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi secara alami oleh organ hati. Selain diproduksi secara alami, lemak ini juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu. Di dalam tubuh, kolesterol diperlukan untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D.

Jenis Kolesterol
Pada dasarnya, kolesterol tidak bisa larut dalam darah. Oleh sebab itu, hati memproduksi zat yang bernama lipoprotein untuk menyalurkan kolesterol ke seluruh tubuh.

Ada tiga jenis lipoprotein yang utama, yaitu:

Low-density lipoprotein (LDL)
LDL berfungsi membawa kolesterol ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri. Apabila kadarnya terlalu tinggi, LDL akan menumpuk di dinding pembuluh arteri. LDL dikenal juga sebagai ‘kolesterol jahat’.

High-density lipoprotein (HDL)
HDL berfungsi mengembalikan kolesterol berlebih ke hati, untuk dikeluarkan dari tubuh. Oleh karena itu, HDL dikenal juga sebagai ‘kolesterol baik’.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
14:24
11:39
08:19
02:20
02:22
Viral