Sering Kram Perut Saat Haid, Makanan Ini Membantu Meredakan Sakitnya.
Sumber :
  • unspalsh

Sering Kram Perut Saat Haid, Makanan Ini Membantu Meredakan Sakitnya

Selasa, 10 Mei 2022 - 17:50 WIB

Kram perut saat haid atau menstruasi sering dirasakan oleh banyak perempuan. Kram pada saat haid terjadi karena tubuh mengalami perubahan saat menstruasi. Selama periode menstruasi, kontraksi dinding rahim lebih kuat dari biasanya. Kontraksi ini pun terjadi agar lapisan rahim dapat mengalirkan darah menstruasi.

Dikutip dari Alodokter, ketika dinding rahim berkontraksi, rahim juga akan menekan pembuluh darah yang melapisi rahim. Hal ini dapat memutus aliran darah yang sedang mengantarkan oksigen ke rahim. 

Putusnya aliran darah akan menyebabkan rendahnya kadar oksigen dalam rahim dan membuat jaringan yang ada di rahim memproduksi zat kimia prostaglandin. Tingginya kadar prostaglandin dalam tubuh dalam tubuh dapat memicu rasa sakit.

Selain menyakitkan, kram ketika menstruasi juga dapat membuat tubuh menjadi lelah dan menghambat kegiatan sehari-hari. 

Untuk meredakan sakitnya, biasanya ketika haid banyak perempuan yang menggunakan botol air panas atau bantal pemanas yang dikompreskan di atas perut. Selain itu, jika sakit tidak terperi, sebagian perempuan memilih untuk mengonsumsi analgesik seperti parasetamol 500 mg.

Namun, ada cara alternatif dan efektif lain yang dapat meredakan rasa sakit kram menstruasi, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang dipercaya daapt meredakan nyeri ketika haid. 

Melansir Pinkvilla, Eshanka Wahi, seorang Nutrisionis Kesehatan mengungkapkan, ada beberapa buah dan sayuran yang baik dikonsumsi untuk meredakan nyeri menstruasi. Dirinya menyebutkan ada beberapa buah, sayur, dan biji-bijian yang dapat membantu peradangan dan meredakan kram menstruasi.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral