Ilustrasi heat stroke.
Sumber :
  • askadamskutner.com

8 Gejala Heat Stroke dan Cara Mengatasinya

Rabu, 11 Mei 2022 - 15:11 WIB

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan akan cuaca panas terik yang tengah dan akan terus melanda sebagian wilayah di Indonesia.

BMKG menyebutkan suhu di beberapa wilayah akan melonjak hingga 36 derajat celcius. BMKG mengimbau masyarakat agar tetap mewaspadai kondisi suhu panas pada siang hari yang diprediksi masih akan terjadi hingga pertengahan bulan Mei, bahkan hingga bulan Juni.

Di tengah cuaca seperti ini sepatutnya masyarakat menyadari bahaya heat stroke yang dapat menyerang. Semakin cepat diketahui gejala - gejalanya, makin tinggi peluang seseorang dapat terhindar dari risiko kerusakan organ tubuh bahkan kematian.

Jika kamu melihat orang lain atau mengalami sendiri gejala - gejala heat stroke di bawah ini maka sangat disarankan untuk memberikan pertolongan pertama. Namun jika dalam 30 menit kondisinya tak berangsur membaik maka ada baiknya untuk segera merujuk penderita heat stroke ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan bantuan medis profesional.

Berikut 8 gejala heat stroke yang harus kamu waspadai:

1. Merasa kepanasan dan sangat haus.
2. Tubuh tak mengeluarkan keringat walaupun sangat kepanasan.
3. Suhu tubuh meningkat hingga 40 derajat Celsius bahkan lebih.
4. Mengalami kesulitan bernapas atau tampak megap - megap.
5. Merasa kebingungan, tak mengetahui dimana dirinya atau sedang jam berapa.
6. Mengalami seizure (kejang).
7. Kehilangan kesadaran.
8. Pingsan dan tak merespon saat dipanggil atau disentuh.

Ada pun penyebab heat stroke atau serangan panas pada tubuh ini antara lain karena berada terlalu lama di bawah terik matahari atau di tempat yang terlalu panas.

Untuk mencegah terkena heat stroke ini, para ahli medis menganjurkan untuk meminum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi, memakai tabir surya, dan juga membawa obat - obatan terutama yang terkait dengan alergi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
04:18
06:43
Viral