Ilustrasi Penggunaan Masker.
Sumber :
  • Pixabay

Jangan Buang Masker Sembarangan, Berikut Tips Kelola Masker Bekas Pakai

Rabu, 18 Mei 2022 - 14:47 WIB

Ketika kita berpergian dimasa pandemi ini, usahakan selalu memakai masker sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Masker saat ini sudah menjadi barang primer yang kita gunakan setiap hari saat beraktivitas. Penggunaan masker dapat menjadi media pencegahan virus. Namun masker juga dapat menjadi media penularan virus dan penyebab penyebaran penyakit. 

Penggunaan masker yang baik dapat bermanfaat bagi kita, tidak hanya diri sendiri namun orang lain bahkan mahluk hidup lain juga bisa mendapatkan manfaatnya. Salah satunya dimulai dari cara mengelola masker bekas setelah kita pakai seharian. 

Masker yang telah kita gunakan, usahakan tidak langsung dibuang. Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan ketika akan membuang masker. Menurut laman resmi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, terdapat beberapa tahapan dan cara bagaimana mengelola masker yang telah terpakai. Masker yang dimaksud merupakan masker disposable atau masker yang hanya digunakan satu kali pakai. 

Pertama, lepaskan masker yang masih terpakai melalui bagian tali dari belakang kepala atau telinga. Melepas masker dengan cara ini agar tangan kita tidak menyentuh bagian depan masker. Masker bagian depan terdapat banyak virus yang tersaring agar tidak masuk kedalam tubuh.
 
Setelah itu masker dilipat agar kuman atau droplet berada pada bagian dalam lipatan. Langkah berikutnya desinfeksi masker dengan cairan disinfektan. Bisa juga dengan cairan klorin atau cairan pemutih baju.
 
Menurut laman hello sehat yang dikutip pada hari Rabu (18/05/2022), Disinfektan merupakan cairan yang berfungsi membunuh kuman, seperti virus, bakteri, serta mikroorganisme lainnya yang berbahaya pada permukaan benda mati.

Cairan ini tidak bisa digunakan langsung pada tubuh kita, disinfektan hanya digunakan pada permukaan benda-benda yang sering tersentuh oleh tangan. Jika cairan ini terkena langsung oleh kulit manusia, maka dapat beresiko timbulnya iritasi pada kulit. 

Setelah masker dibersihkan dengan cairan disinfektan, maka selanjutnya adalah merusak masker dengan cara menggunting tali dan tutupnya. Penggunaan masker hanya dipakai sekali, dengan cara merusak masker dapat menghindari pemakainan berkala pada masker yang sama. 

Berikutnya, buang masker ke dalam tempat sampah yang tertutup. Tidak selesai sampai disini, terakhir jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer agar kuman pada masker tidak menyebar melalui tangan kita. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:24
04:36
09:59
01:57
01:51
06:00
Viral