Ilustrasi seseorang sedang menguap.
Sumber :
  • Freepik.com

Mengeluarkan Air Mata saat Menguap? Ternyata ini Alasannya

Rabu, 18 Mei 2022 - 17:43 WIB

Tidak jarang dalam melakukan aktivitas, manusia tanpa sadar membuka mulutnya untuk menguap. Menguap biasanya terjadi disaat kamu merasa bosan, kelelahan dan mengantuk. 

Perlu diketahui juga, selain bosan dan mengantuk, seseorang bisa mudah menguap dikarenakan suhu udara yang dingin. Sering menguap juga menunjukkan tanda bahwa otak kekurangan oksigen.

Maka dari itu, tubuh harus segera mencukupi kebutuhan energi dan suplai oksigen yang cukup agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan rutin berolahraga, mengubah pola makan sehat, meningkatkan kualitas udara dengan cara membersihkan rumah secara benar, menghirup udara segar yang bersumber dari tanaman hijau, serta rutin melakukan latihan pernapasan. Upaya ini dapat membuat suplai oksigen tercukupi.  

Ketika menguap, sistem yang terjadi pada tubuh akan melambat untuk bekerja. Pernapasan pada manusia mengalami perlambatan sehingga untuk menghirup oksigen akan lebih lama diterima oleh tubuh. 

Oleh karena itu, agar asupan didalam tubuh tetap terpenuhi, tubuh selalu memberikan sinyal otomatis yang disampaikan otak, yaitu dalam bentuk menguap. Membuat oksigen yang masuk lebih banyak dengan begitu fungsi tubuh tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Namun pernahkah terlintas dalam pikiran mengapa disaat menguap manusia secara bersamaan mengeluarkan air dari matanya? padahal perasaan hati sedang baik-baik saja tidak sama sekali sedih apalagi menangis. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral