Ilustrasi Bunga Telang.
Sumber :
  • Pixabay

Bunga Cantik Ini Ternyata Banyak Manfaatnya, Berikut Penjelasannya

Rabu, 18 Mei 2022 - 19:00 WIB

Belakangan ini bunga telang menjadi trend baru untuk kesehatan. Bunga dengan ciri khas berwarna biru pada kelopaknya yang bisa digunakan sebagai pewarna alami, juga dapat dikonsumsi oleh manusia. 

Tidak hanya itu, Bunga telang juga sering diseduh dan dicampurkan pada makanan maupun minuman. Menu seperti Teh Telang, Nasi Biru, Butterfly Pea Latte, dan masih banyak menu lainnya yang bisa dibuat dari bahan Bunga Telang. 

Selain sebagai pewarna alami yang mempercantik makanan maupun minuman, ternyata bunga telang juga memiliki banyak manfaat.
 
Seperti yang disampaikan oleh dr. Zaidul Akbar, seorang dokter sekaligus pendakwah ini menyampaikan dalam laman Instagramnya yang dikutip pada Rabu (18/5/2022), Bunga Telang memiliki banyak manfaat karena antioksidan yang berlimpah didalamnya. Dalam akun pribadinya, Zaidul mengunggah sebuah video bunga telang yang sedang diseduh dalam sebuah teko. 

“Ngeliatnya aja bahagia, Diminum? Makin bahagia, kok bisa? Karena bunga telang ini merupakan bunga yang berlimpah antioksidan di dalamnya dan segudang manfaat lainnya dari bunga ini.” Ungkap Zaidul.

Lalu apa saja manfaat dari bunga telang? Berikut manfaat bunga telang yang disampaikan oleh dr.Zaidul Akbar, yang dikutip pada akun Instagram pribadinya, Rabu (18/5/2022).

dr. Zaidul Akbar megatakan bahwa Bunga telang dapat meningkatkan memori otak. Dikutip dari VIVA, ekstrak bunga telang terbukti meningkatkan kadar asetilkolin dalam otak tikus dalam sebuah percobaan. Asetillkolin menupakan zat kimia yang dapat memegang sebagai penghantar peranan vital dalam mengingat dan mempelajari sesuatu.

Selain meningkat memori otak, bunga telang juga dapat mengurangi stress. Dalam sebuah studi yang dikutip dari laman VIVA, para peneliti menemukan asam linolenat dan asam palmitat yang ditemukan dalam bunga telang. Senyawa ini dipercaya dapat mengatasi gangguan mental depresi dan mengurangi stress. Asam linolenat adalam asam lemak omega-3 yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Asam palmitat memiliki sifat antioksidan yang berperan sebagai antidepresan alami.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral