Ilustrasi autisme.
Sumber :
  • healthline.com

3 Macam Autisme pada Anak dan Rekomendasi Perawatannya

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:07 WIB

Dulu dokter mendiagnosa dan membagi autisme ke dalam empat kategori. Namun kini para ahli medis sepakat untuk menyederhanakan klasifikasi autisme ini ke dalam satu kategori induk yakni autism spectrum disorder (ASD).

ASD ini lalu dibagi lagi ke dalam tiga bagian untuk menjelaskan tingkat ketergantungan pemilik autisme kepada lingkungan sekitarnya.

Secara umum ASD ini dicirikan dengan tantangan yang dihadapi orang - orang dengan autisme dalam interaksi sosial dan berkomunikasi sehari - hari. Selain itu autisme juga dikenali dengan pola - pola aktivitas dan perilaku yang berbeda dari orang - orang pada umumnya.

Apa Itu Autisme (ASD)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, autisme atau ASD ini adalah sebuah terminologi payung yang menaungi beberapa spektrum hambatan perkembangan syaraf kompleks (complex neurodevelopmental disorders) pada manusia.

Spektrum ini kemudian dapat dipecah lagi sesuai dengan perbedaan, kemampuan, dan keahlian yang dimiliki orang - orang dengan autisme.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, orang - orang dengan autisme biasanya memiliki kesulitan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, menunjukkan kebiasaan perilaku yang berulang, serta menghadapi kesulitan tertentu dalam beberapa aspek hidupnya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral