Ilustrasi Kopi.
Sumber :
  • Pixabay

Ternyata Minum Kopi Dapat Menyehatkan Tubuh, Ini Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Selasa, 24 Mei 2022 - 23:42 WIB

Kopi sudah menjadi minuman wajib di pagi hari bagi sebagian orang. Sebelum memulai aktivitas, kopi membuat kita memulihkan tenaga untuk aktivitas sehari.

Seperti yang kita tahu, kopi mengandung kafein yang dapat membuat kita tidak mudah mengantuk.Selain itu, kopi dapat menyehatkan tubuh kita.

Dilansir dari VIVA yang dikutip pada (24/5/2022), berikut manfaat Kopi bagi kesehatan tubuh.

Mengonsumsi kopi secara teratur dikaitkan dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 dalam jangka panjang. Selain itu, kopi juga dapat mempertahankan fungsi sel beta dalam pangkreas untuk memproduksi insulin agar mengatur kadar gula dalam darah.
 
Kopi juga dapat menghindari terhadap gangguan neurodegeneratif tertentu, termasuk penyakit Alzheimer dan Penyakit Parkinson. Mengkonsumsi kafein secara teratur dapat mengurangi risiko juga memperlambat perkembangan Penyakit Parkinson.

Selain itu, Kopi juga dapat menjaga berat badan tetap ideal. Dalam beberapa penelitian, kopi bermanfaat mengatur berat badan dengan mengubah penyimpan lemak dan mendukung kesehatan usus. 

Manfaat kopi lainnya juga dapat mengurangi tingkat depresi. Dalam penelitan disebutkan bahwa tingkat risiko depresi akan menunjukan 8% lebih rendah setiap mengkonsumsi secangkir kopi setiap hari. Hal ini membuat anggapan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko depresi pada manusia.
 
Ditambah lagi, mengkonsumsi kopi dapat mendukung kesehatan hati dan melindungi dari penyakit. Sebuah studi mengatakan mengkonsumsi kopi dapat dikaitykan dengan penurunan kekakuan hati. Selain itu, kopi juga mengurangi risiko kematian akibat penyakit hati kronis.
 
Bagi kesehatan jantung, kopi juga dapat menurunkan 15% risiko penyakit jantung saat mengkonsumsi tiga hingga lima cangkir kopi setiap hari. Kemudian tinjauan dari beberapa studi, kopi juga dapat menurunkan 21% lebih rendah pada risiko stroke.
 
Penelitian lain juga menunjukan bahwa kopi dapat memberikan banyak potensi manfaat kesehatan yang akan membantu memperpanjang umur. Dari beberapa penelitian, satu diantaranya menyatakan bahwa mengkonsumsi kopi setiap hari juga mengurangi risiko kematian. Terlepas dari factor lainnya seperti usia, status berat badan, dan konsumsi alcohol.
 
Berkaitan dengan energy, kopi juga dapat meningkatkan kinerja atletik. Satu ulasan penelitian menyimpulkan bahwa minum kopi sebelum berolahraga dapat mengurangi pengerahan tenaga yang dirasakan juga meningkatkan daya tahan tubuh.
 
Semua ini dapat dinikmati manfaatnya jika mengkonsumsi kopi dalam batas kewajaran atau tidak berlebihan. Jika Anda memiliki penyakit kolesterol tinggi atau sensitive terhadap kafein, harus memperhatikan saat konsumsi kopi. (Kmr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral