Ilustrasi berbagai macam olahan makanan.
Sumber :
  • Freepik.com

Bukan Hanya Bayam, 4 Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Lagi

Sabtu, 28 Mei 2022 - 14:49 WIB

Memanaskan makanan sering dilakukan untuk menghindari sifat mubazir. Melihat sisa makanan yang masih berlimpah, khususnya para ibu biasanya akan menyimpan kembali sisa makanan ke wadah untuk disimpan dalam kulkas. 

Perlu diketahui, tidak semua makanan dapat dipanaskan lebih dari satu kali karena makanan yang sering dipanaskan dapat mempengaruhi perubahan rasa, tekstur dan kandungan gizi yang terdapat di dalam makanan tersebut. 

Selain itu, hal yang lebih membahayakannya lagi, makanan yang dipanaskan bisa mengandung zat racun yang membahayakan untuk tubuh manusia. Penjelasan singkatnya begini, saat makanan dimasukan ke dalam kulkas otomatis akan mengikuti suhu dingin di dalamnya. 

Tahap pendinginan ini sangat memungkin bakteri untuk berkembang biak dengan cepat dan mudah. Sehingga bakteri menjadi kebal ketika memasuki proses pemanasan yang dilakukan kurang benar. 

Makanan disimpan dalam wadah dengan suhu ruangan di bawah 4 derajat celcius tetapi untuk mendapatkan makanan yang hangat suhu harus mencapai sekitar 70 sampai dengan 80 derajat Celcius. Padahal, jika makanan yang dipanaskan melebihi suhu 70 sampai 80 derajat celcius maka kandungan gizinya dipastikan rusak.

Berikut 5 macam makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali.

 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral