Ilustrasi Makanan yang Mengandung Lemak Trans dan Bisa Meningkatkan Kolesterol Jahat.
Sumber :
  • unsplash.com

Seluk-beluk Lemak Trans, si Lemak yang Bisa Tingkatkan Kolesterol Jahat, Ternyata Ada di Makanan-Makanan Ini

Rabu, 8 Juni 2022 - 11:52 WIB

Kadar kolesterol yang tinggi bisa berujung pada risiko kesehatan yang berbahaya yakni seperti serangan jantung dan stroke.

Dikutip dari Healthline kolesterol nyatanya tidak bisa larut dalam air, alhasil agar bisa larut maka dibutuhkan lipoprotein.

Lipoprotein yang terbuat dari lemak dan protein membawa kolesterol dan trigiselidra. Sementara itu ada dua jenis utama lipoprotein yakni low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL).

Kolesterol LDL biasanya disebut sebagai ‘kolesterol jahat’. Hal ini dikarenakan ia memabawa kolesterol ke arteri Anda. Apabila kadar kolesterol LDL Anda tinggi, maka hal itu bisa menyebabkan penumpukan di dinding arteri.

Kebalikan dari LDL, kolesterol HDL biasanya disebut sebagai ‘kolesterol baik’. Pasalnya kolesterol ini membantu mengembalikan kolesterol LDL ke organ hati Anda untuk dikeluarkan dari tubuh.

Salah satu hal yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat adalah lemak trans. Dilansir dari hellosehat.com, lemak trans adalah lemak yang terbentuk tatkala minyak menjadi lemak padat.

Lemak yang juga terkenal dengan sebutan trans fat atau asam lemak ini terdiri atas dua macam yaknni asam lemak yang terbentuk dengan alami dan buatan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral