Kolesterol..
Sumber :
  • Pixabay

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Jumat, 5 Agustus 2022 - 05:43 WIB

Jakarta - Tubuh membutuhkan beberapa kolesterol untuk bekerja dengan baik. Tetapi jika memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah, itu dapat menempel pada dinding arteri dan menyempitkan atau bahkan menyumbatnya. Ini menempatkan pada risiko penyakit arteri koroner dan penyakit jantung lainnya.

Kolesterol bergerak melalui darah pada protein yang disebut lipoprotein. Satu jenis, LDL, kadang-kadang disebut kolesterol "jahat". Tingkat LDL yang tinggi menyebabkan penumpukan kolesterol di arteri Jenis lain, HDL, kadang-kadang disebut kolesterol "baik". Ini membawa kolesterol dari bagian lain dari tubuh kembali ke hati. Kemudian hati menghilangkan kolesterol dari tubuh.

Ada beberapa langkah yang dapat dimbil untuk menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik). Dengan menjaga kadar kolesterol dalam kisaran yang tepat,  dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Melansir dari MedinaPlus, berikut perubahan gaya hidup yang dapat membantu Anda menurunkan atau mengontrol kolesterol Anda meliputi:

1. Makan sehat untuk jantung

Rencana makan yang sehat untuk jantung membatasi jumlah lemak jenuh dan lemak trans yang makan. Disarankan agar makan dan minum hanya cukup kalori untuk menjaga berat badan yang sehat dan menghindari penambahan berat badan.

Ini mendorong  untuk memilih berbagai makanan bergizi, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan daging tanpa lemak. Contoh rencana makan yang dapat menurunkan kolesterol Anda termasuk diet Terapi Perubahan Gaya Hidup dan rencana makan DASH.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:13
02:42
07:20
11:14
04:24
04:36
Viral