Cek Kadar Kolesterol Normal agar Hidup Lebih Sehat.
Sumber :
  • Freepik

Cek Kadar Kolesterol Normal agar Hidup Lebih Sehat

Minggu, 7 Agustus 2022 - 09:29 WIB

Jakarta - Kadar kolesterol bervariasi menurut usia, berat badan, dan jenis kelamin. Tubuh memproduksi lebih banyak kolesterol dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, disarankan agar setiap orang berusia 20 tahun ke atas memeriksa kadar kolesterol mereka secara teratur, idealnya setiap 5 tahun sekali.

Dikutip dari MedicalNewstoday, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memperkirakan bahwa hampir 94 juta orang dewasa di Amerika Serikat memiliki kolesterol tinggi. Ini meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung dan stroke.

Apa itu kolesterol, dan bagaimana cara mengukurnya?

Kolesterol adalah zat lilin, seperti lemak, dan terdapat dua jeni kolesterol s: low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL).

Jika ada terlalu banyak LDL, atau kolesterol "jahat", dalam aliran darah, itu dapat menumpuk di pembuluh darah, membentuk timbunan lemak yang disebut plak. Plak ini dapat menyebabkan masalah lain, termasuk serangan jantung dan stroke.

Kadar kolesterol total dan LDL harus rendah. Tetapi memiliki lebih banyak HDL, atau kolesterol “baik” dalam darah dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

Dokter dapat mengukur kadar HDL, LDL, dan kolesterol total. Hasilnya mungkin juga menunjukkan kadar semua lemak non-HDL yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral