Ilustrasi Peregangan.
Sumber :
  • U-Report

Terlalu Lama Duduk Saat Bekerja dapat Berisiko Penyakit Serius, Kurangi dengan Gerakan Sederhana Berikut

Senin, 8 Agustus 2022 - 00:28 WIB

Bekerja di balik meja dalam waktu yang lama, seperti 8 jam bahkan lebih di depan laptop sudah menjadi rutinitas bagi kebanyakan orang dalam kesehariannya. Bahkan saat berangkat atau perjalanan pulang harus duduk karena menggunakan kendaraan.

Kebiasaan duduk dalam waktu yang lama saat bekerja dapat memberikan efek samping pada tubuh seperti pegal-pegal hingga mempengaruhi kesehatan yang lebih berat. 
Sebab menurut laporan dari lembaga medis, perilaku “mager” atau malas gerak seperti duduk yang lama dapat menyebabkan risiko berbagai penyakit, seperti kardiovaskuler, kanker, hingga diabetes tipe 2. 
Timbulnya risiko yang cukup serius disebabkan dari dampak terlalu lama duduk dapat mengurangi aktivitas otot. Khususnya pada otot besar pada kaki dan punggung

Hal ini dapat memberikan dampak terhadap menurunnya kemampuan tubuh untuk mengatur gula darah dan mengenyahkan lemak-lemak berbahaya dalam darah.

Agar risiko penyakit tersebut tidak terjadi pada Anda, tubuh perlu. Digerakkan dan melakukan peregangan, terutama saat tubuh mulai memberikan sinyal seperti pegal-pegal dan nyeri.

Menurut informasi dalam laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Beberapa aktivitas fisik sederhana berikut dapat dilakukan, seperti berikut:

Meregangkan badan

Melakukan squat ringan dengan berpegangan pada kursi kerja

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
01:52
03:14
02:13
Viral