Ilustrasi gejala cacar monyet..
Sumber :
  • Freepik

Warga DKI Jakarta Terinfeksi Cacar Monyet. Kenali Penyebab, Gejala, dan Cara Pencegahannya

Senin, 22 Agustus 2022 - 12:13 WIB

Jakarta - Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengungkap warga DKI Jakarta yang terkonfirmasi tertular cacar monyet

“Hari ini, pasiennya ada satu yang terkonfirmasi, dari DKI Jakarta, orangnya laki-laki 27 tahun,” kata Syahril dalam konferensi pers daring pada Sabtu (20/8/2022). 

Lantas seperti apa gejala, penyebab, dan bagaimana cara pencegahannya? Simak penjelasan berikut ini.

Melansir laman Alodokter pada Senin (22/8/2022), cacar monyet disebabkan oleh virus monkeypox. Cacar monyet dapat menyebar antar manusia melalui percikan air liur yang masuk melalui mata, mulut, hidung, atau luka pada kulit tubuh. Selain itu, penularan cacar monyet dapat terjadi melalui benda yang terkontaminasi, seperti pakaian bekas penderita.

Gejala cacar monyet

Gejala cacar monyet akan muncul lima sampai dua puluh satu hari sejak penderita terinfeksi virus tersebut. Gejala awal yang dirasakan pada pasien terinfeksi antara lain adalah:
-Demam
-Letih atau lemas
-Menggigil
-Sakit Kepala 
-Nyeri otot
-Pembengkakan kelenjar getah bening yang ditandai dengan sebuah benjolan pada leher, ketiak, atau selangkangan.

Gejala awal cacar monyet akan berlangsung selama satu hingga tiga hari bahkan lebih. Setelah itu, akan muncul ruam pada wajah dan menyebar ke bagian tubuh lain, seperti lengan atau tungkai. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral