Ilustrasi Nasi Putih.
Sumber :
  • Pixabay

Nasi Putih Hangat Tidak Sehat Untuk Penyintas Diabetes, Mitos atau Fakta?

Jumat, 26 Agustus 2022 - 13:28 WIB

Karbohidrat menjadi sumber energi bagi tubuh. Karbohidrat dapat dihasilkan dari makanan bertepung seperti gandum, nasi, roti, dan sereal.

Ada anggapan bila orang Indonesia tidak kenyang kalau belum makan nasi. Nasi sebagai makanan pokok orang Indonesia, lebih nikmat memakan nasi putih ketika hangat.

Kabar yang ramai diperbincangkan bahwa nasi putih dingin lebih sehat dan bagus dibandingkan dengan nasi hangat atau panas.

Selain itu, nasi putih yang hangat atau panas tidak dianjurkan bagi penyintas diabetes. Apakah hal tersebut mitos atau fakta?

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM, dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, mengatakan bahwa nasi putih dingin terbukti dalam penelitian lebih resisten dan tidak terlalu dicerna oleh tubuh.

“Fakta. Kalau sudah dingin itu ada penelitian yang mengatakan dia lebih resisten, jadi dia tidak terlalu dicerna di saluran cerna kita. Dampaknya ada potensi untuk menurunkan indeks glikemik,” ujar dr. Marya Haryono.

Dokter Marya menerangkan pasien diabetes biasanya disarankan oleh dokter untuk mengonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik rendah.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral