Ilustrasi Emping Melinjo.
Sumber :
  • Istimewa

Gurih dan Renyah, Namun Emping Melinjo Tidak Bisa Dikonsumsi Pengidap Asam Urat. Mengapa Demikian?

Selasa, 6 September 2022 - 16:38 WIB

Melinjo banyak tersedia di Indonesia. Melinjo dapat diolah menjadi berbagai makanan tradisional, salah satu makanan tersebut yakni emping melinjo.Emping merupakan makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari biji melinjo. 

Walaupun rasanya sedikit pahit, namun emping melinjo menjadi kerupuk favorit orang Indonesia. Biasanya menjadi teman makan bersama masakan yang rasanya kompleks, seperti  lontong sayur atau opor ayam. 

Namun, makanan gurih ini disebut-sebut tidak boleh dimakan oleh para pengidap penyakit asam urat. Apakah hal tersebut benar?

Asam Urat Tidak Boleh Makan Emping

Asam urat sendiri merupakan istilah umum untuk berbagai kondisi radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan penumpukan kristal asam urat. Penumpukan kristal asam urat ini biasanya mempengaruhi kaki.

Penderita asam urat biasanya akan merasakan pembengkakan dan nyeri pada persendian kaki, terutama jempol kaki. Rasa sakit yang tiba-tiba dan intens, dan dapat membuat kaki anda terasa seperti terbakar.

Penderita asam urat perlu mengontrol makanan yang dikonsumsi. Pola makan sehat dan rendah purin pun biasa dilakukan oleh penderita asam urat, termasuk tidak mengkonsumsi emping melinjo.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral