Ilustrasi Masuk Angin.
Sumber :
  • Pixabay

Diyakini Manjur! Benarkah Kerokan Dapat Mengatasi Masuk Angin, Mitos atau Fakta?

Rabu, 7 September 2022 - 17:25 WIB

Rasa tidak enak badan seperti masuk angin sering dialami banyak orang. Masuk angin sering dianggap sepele, sehingga bagi orang yang mengalami memilih menggunakan pengobatan tradisional untuk mengatasi kondisi tersebut.

Masuk angin yang sering dialami seperti pegal, perut kembung atau begah, sering buang angin, mual, batuk, flu, juga demam dan pusing.

Penyebab masuk angin pun beragam tergantung dari gejala yang dialami, sehingga penanganan untuk menyembuhkannya juga bervariasi.

Salah satu penanganan untuk menyembuhkan masuk angin yaitu kerokan. Namun apakah benar kerokan dapat mengobati masuk angin?

Dokter penyakit dalam dan konsultan pencernaan, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM,FACP menjelaskan bahwa dalam dunia medis tidak ada istilah masuk angin.

Lantaran, banyak pasien yang datang menemui dokter mengaku mengalami masuk angin, seperti kelelahan, badan pegal, perut kembung hingga gejala flu seperti batuk pilek.

“Kalau pasien datang dan bilang masuk angin, kami akan klarifikasi dahulu, apa yang dirasakan,” ungkap dr. Ari dalam tayangan program acara Hidup Sehat, tvOne.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral