Ilustrasi Sakit Maag.
Sumber :
  • Pixabay

2 Makanan Berikut Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Pengidap Sakit Maag, Mengapa Demikian?

Rabu, 7 September 2022 - 19:18 WIB

Maag bukanlah penyakit yang bisa dianggap sepele. Rasa nyeri yang tak tertahankan pada lambung dapat disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu, stress, juga gaya hidup yang buruk. 

Bagi pengidap sakit maag seharusnya menjaga asupan makanan yang dikonsumsi dan menghindari agar tidak kambuh.

Makanan yang dapat dihindari seperti makanan pedas, berminyak dan berlemak, merokok, konsumsi minuman soda, berkarbonasi, kafein serta alkohol.

Ternyata selain itu, maag juga dapat dipicu dengan konsumsi roti dan susu. Bagi pengidap sakit maag sebaiknya dapat menghindari makanan dan minuman tersebut.

Namun apakah hal tersebut benar, mitos atau fakta? Dokter spesialis gizi klinis, dr. Ida Gunawan, SpGK, mengungkapkan hal tersebut adalah fakta. Sebab roti biasanya mengandung ragi dan melalui proses fermentasi.

“Fakta. Sakit maag seringkali keluhannya perut kembung, nyeri di abdomen, rasanya begah dan sebagainya. Kalau misal rotinya adalah roti tanpa ragi maka itu boleh dikonsumsi. Tapi kebanyakan di Indonesia, roti-rotinya yang dikasih ragi. Ragi begitu dimakan di dalam perut kita bisa mengalami proses fermentasi,” ujar dr. Ida dalam tayangan Hidup Sehat, tvOne.

Dirinya menambahkan bahwa hasil fermentasi dapat berupa alkohol. Hal ini sering membuat gangguan pada lambung. Lalu, bagaimana dengan susu?

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral