Ilustrasi Obat-obatan.
Sumber :
  • Pixabay

Perusak Ginjal Disebabkan dari Obat Diabetes dan Hipertensi dalam Jangka Panjang. Perhatikan Baik-Baik!

Sabtu, 10 September 2022 - 17:59 WIB

Ginjal adalah organ yang penting dalam tubuh berfungsi untuk membantu membuang racun. Namun banyak orang yang tidak mengerti bahwa sebenarnya racun dalam tubuh berasal dari obat-obatan yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. 

Salah satunya bersumber dari obat yang asal diminum tanpa resep dokter. Namun bukan berarti obat yang diminum dalam jangka panjang seperti obat diabetes dan hipertensi dapat merusak ginjal.

Dokter spesialis penyakit dalam, dr. Firly SpPD mengatakan banyak orang yang salah memahami dan mengira obat-obatan yang dimaksud adalah obat rutin yang diminum pada pasien penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi. 

Pada kenyataannya, apabila kedua penyakit tersebut tidak diobati atau berhenti mengonsumsi obat yang sesuai dengan resep dokter akan memicu gangguan pada ginjal. 

“Obat itu nggak picu sakit ginjal. Karena hipertensi tidak terkontrol, diabetes tidak terkontrol malah jadi picu gagal ginjal. Penyakit-penyakit yang konsumsi obat jangka panjang justru kalau nggak dikonsumsi bisa picu gagal ginjal,” ungkapnya dalam program acara Hidup Sehat, tvOne.

Dokter Firly justru menilai ketika obat tersebut tidak dikonsumsi, maka tekanan darah yang tinggi serta kadar gula darah pada pasien hipertensi dan diabetes menjadi tidak terkontrol juga tidak stabil.

Kemudian, kondisi tersebut dapat memicu berbagai penyakit komplikasi, termasuk gangguan pada ginjal. Hal ini berbeda dengan obat yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral