Parenting.
Sumber :
  • Freepik

Bunda, Kenali Apa Itu ‘Authoritative Parenting’, Pola Asuh Anak yang Mendukung tapi Tetap Punya Batasan

Rabu, 5 Oktober 2022 - 17:06 WIB

Ilmu parenting penting untuk dipahami para orang tua yang sudah memiliki anak. Dengan memahami parenting bunda bisa menerapkan pola asuh terbaik yang cocok untuk si kecil. Sebab setiap anak memiliki kekhasannya masing-masing.

Salah satu teori parenting yang bisa bunda pelajari adalah authoritative parenting atau pola asuh otoritatif.

Authoritative parenting merupakan teori mendidik di mana orang tua memberikan pengasuhan yang mendukung potensi anak, responsif terhadap kebutuhan dan perkembangannya, namun tetap memiliki batasan yang tegas.

"Pengasuhan yang paling bagus itu yang otoritatif. Jadi sebenarnya orang tua itu harus mengerti karakter anak dulu. Jadi karakter anak kan beda, pendekatan kita juga beda. Kedua, orang tua baiknya juga harus melihat potensi anak. Jadi anak itu pintarnya di mana," ungkap Psikolog Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd dikutip dari ANTARA, Rabu (5/10/2022).

"Ini penting banget karena zaman sekarang ini persaingan akan semakin ketat. Jadi sebagai orang tua harus beneran tahu anak punya potensi di bidang mana. Jadi itu yang dikembangkan sehingga anak berkembang penuh sesuai dengan potensinya," sambungnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa mengenali karakter anak juga penting. Sebab dengan mengetahui karakter anak, orang tua juga dapat memahami cara berkomunikasi dengan anak. Tak hanya itu, Rosdiana juga menjelaskan bahwa orang tua perlu tahu setiap perkembangan anak.

"Kalau karakter itu, orang tua jadi bisa memahami bagaimana berkomunikasi dengan anak. Orang tua juga perlu tahu tahapan perkembangan anak. Karena di setiap tahapan perkembangan anak, di tiap usianya ada tugas-tugas yang harus diselesaikan. Dia harus bisa," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral