Junkfood.
Sumber :
  • Freepik

Yuk, Cobain Metode 3J: Cara Atur Pola Makan dan Gizi Seimbang Tanpa Harus Diet Ketat Menyiksa

Selasa, 11 Oktober 2022 - 22:43 WIB

Tidak sedikit masyarakat yang mengidam-idamkan berat badan ideal. Namun tidak sedikit pula yang merasa berat jika harus melakukan diet ketat. Kini Anda tak perlu khawatir, para ahli gizi telah merumuskan metode 3J.

Metode ini menerapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang. Metode 3J mendorong kita untuk mengatur porsi atau jumlah makan, jenis makan, dan jadwal makan.

Sebagaimana kita ketahui, kesehatan tubuh seseorang sangat dipengaruhi oleh apa yang ia makan.

"Jumlah makan harus sesuai dengan kecukupan, jangan berlebihan. Karena yang berlebihan tidak baik bukan cuma buat tubuh kita tapi juga lingkungan," ujar Dokter Spesialis Gizi Klinik Konsultan, dr. Ida Gunawan, MS SpGK(K) FINEM dilansir dari ANTARA, Selasa (11/10/2022).

Dalam memilih jenis makanan harus diperhatikan komponen zat gizi makro dan mikro seperti karbohidrat jenis kompleks, protein hewani dan nabati, lemak baik, serat, vitamin, mineral dan air.

Dokter Ida menyarankan agar kita mengkonsumsi makanan yang minim proses memasak. Sebisa mungkin menghindari makanan yang mengandung banyak minyak dan juga cepat saji.

"Kita harus back to nature, usahakan untuk kembali ke alam yang hijau-hijau. Yang penting mudah, murah, dan mampu laksana. Makanlah makanan yang ada di alam dan jangan terlalu banyak proses," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral