Ilustrasi makanan bergizi.
Sumber :
  • pexels

Hindari Malnutrisi Pada Penderita Kanker, Jika Tak Ingin Terjadi Ini

Selasa, 25 Oktober 2022 - 10:29 WIB

 

Jakarta - Dokter spesialis gizi mengatakan penderita penyakit kanker tidak boleh malnutrisi, jika itu terjadi akan memberikan efek berbahaya, bahkan berujung kematian. Menurutnya, satu dari lima pasien kanker meninggal akibat malnutrisi dibandingkan dengan penyakit itu sendiri.

"Sebanyak 10 dari 20 persen pasien kanker meninggal justru karena konsekuensi malnutrisinya dibandingkan dari penyakitnya itu sendiri, jadi penting kita perhatikan nutrisi pada pasien-pasien tersebut," ucap dr. Cindiawaty Josito Pudjiadi MARS dalam diskusi mengenai malnutrisi pada pasien kanker yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin (24/10).

Ia juga mengatakan data dari Rumah Sakit Kanker Dharmais menyebut sebanyak 50 persen pasien kanker ternyata berisiko malnutrisi.

Cindy menjelaskan malnutrisi sendiri adalah suatu kondisi dimana tubuh kekurangan protein energi dan zat gizi lainnya yang dapat menyebabkan perubahan komposisi tubuh, penurunan fungsi fisik dan mental.

Pada pasien kanker yang mengalami malnutrisi akan terjadi risiko infeksi yang semakin meningkat dan perawatan yang semakin lama. Selain itu berat badannya juga akan turun secara progresif, ujarnya.

"Kalau itu terjadi kualitas hidup jadi berkurang secara fungsional, respon terapi dan harapan hidupnya pun jadi berkurang, ditambah dengan kasus makannya susah akan menjadi makin malnutrisi," ucap Cindi.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral