ilustrasi tes gula darah.
Sumber :
  • Freepik/xb100

Waspada! Ketahui Gejala-gejala Diabetes Tipe 2, Khususnya Bagi yang Memiliki Berat Badan Berlebih

Kamis, 27 Oktober 2022 - 06:28 WIB

tvOnenews.com, Kesehatan - Diabetes atau penyakit gula ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal.

Diabetes terjadi ketika tubuh seseorang tidak lagi mampu mengambil glukosa ke dalam sel dan menggunakannya sebagai energi. Akibatnya, menghasilkan penumpukan gula ekstra dalam aliran darah tubuh.

Glukosa adalah sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Namun pada penderita diabetes, glukosa tersebut tidak dapat digunakan oleh tubuh.

Penyakit diabetes yang tidak terkontrol dengan baik dapat menyebabkan konsekuensi serius sehingga menyebabkan kerusakan pada berbagai organ dan jaringan tubuh. Contohnya organ seperti jantung, ginjal, mata, dan saraf.

Melansir dari laman Halodoc, terdapat dua jenis utama diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun, artinya sistem imun tubuh akan menyerang dirinya sendiri. Pada kondisi ini, tubuh tidak akan memproduksi insulin sama sekali.

Sedangkan diabetes tipe 2, tubuh tidak membuat cukup insulin atau sel-sel tubuh pengidap diabetes tipe 2 tidak akan merespons insulin secara normal. 

Gejala-gejala diabetes tipe 2

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral