Susu bayi.
Sumber :
  • Freepik

Orang Indonesia Harus Stop Kebiasaan Gantikan Susu dengan Air Tajin untuk Anak, Begini Penjelasan Para Ahli

Selasa, 1 November 2022 - 17:17 WIB

Di Indonesia, air tajin atau air rebusan beras putih kerap kali digunakan sebagai pengganti susu bagi balita. Alasan paling medasar dari kelaziman tersebut adalah karena faktor ekonomi.

Tingginya harga susu formula membuat para orang tua memilih menggantikannya dengan air tajin. Namun tahukah Anda, meski air tajin dan susu memiliki warna yang sama, keduanya memiliki kandungan yang berbeda.

Apalagi jika dibandingkan dengan susu yang difortifikasi atau sudah ditambahkan zat gizi mikro tertentu sesuai kebutuhan tumbuh kembang anak.

"Air tajin itu dari (pembuatan) nasi, jadi hanya sumber karbohidrat," ungkap Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi MKK dari Universitas Indonesia dilansir dari ANTARA Selasa, (1/11/2022).

Bila anak hanya diberikan air tajin, maka gizi yang ia dapatkan hanyalah karbohidrat tanpa tambahan asupan gizi lain yang dibutuhkan untuk perkembangan anak.

"Kalau susu, terutama yang sudah difortifikasi, mengandung berbagai zat gizi mikro, jadi tidak bisa (digantikan) pakai air tajin," ujar dia.
Sementara itu, Peneliti Ekonomi Kesehatan Mutia A. Sayekti, S.Gz, MHEcon menambahkan bahwa pencernaan anak lebih sensitif dibandingkan orang dewasa sehingga rentan terhadap benda asing, termasuk air tajin apalagi bila aspek kebersihannya tidak diperhatikan.

"Walau di tajin ada kandungan nutrisi bawaan, tapi itu bukan yang dibutuhkan paling prioritas bagi anak," kata Mutia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
01:47
15:24
06:34
15:34
06:55
Viral