Ilustrasi Roti yang Terbuat Gandum.
Sumber :
  • Istimewa/istockphoto.com

Aih! Ternyata Gandum Bisa Cegah Kanker, Ini 10 Manfaatnya

Rabu, 2 November 2022 - 17:36 WIB

Kesehatan - Gandum, kata yang tak asing lagi di telinga masyarakat. Bahkan, gandum saat ini menjadi kosumsi favorit kaum melenial dan gen Z. 

Seperti yang diketahui, gandum adalah sekelompok tanaman serealia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat. Bahkan, roti yang bahannya dari gandum juga menjadi cemilan favorit. 

Namun, sampai saat ini masih sebagian orang yang memahami manfaat gandum. Bahkan yang lebih mengejutkan, ternyata gandum dapat mencegah kanker.

Berikut 10 manfaat gandum yang dilansir dari berbagai sumber akurat. Namun, sebelum dijelaskan terkait manfaat gandum. Maka, Anda harus mengetahui dahulu soal Gandum. 

Ilustrasi Roti yang Terbuat dari Gandum

Dilansir dari Viva, dari ribuan macam gandum yang ada di dunia, yang paling populer adalah gandum biasa, gandum durum, dan club wheat. Ketiga jenis itu digunakan untuk pembuatan roti, sampai kue. 

Keragaman penggunaannya, kandungan nutrisi, komponen pangan fungsional dan kualitas penyimpanannya yang tinggi menjadikan gandum sebagai bahan makanan pokok lebih dari sepertiga populasi di dunia. 

Tak hanya itu saja, gandum juga menjadi salah satu bahan baku dalam pembuatan mie, pasta, roti, biskuit, pizza, dan masih banyak yang lainnya. 

Biji gandum ini mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi, seperti karbohidrat mencapai 60-80%, protein 10-20%, lemak 2-2,5%, mineral 4-4,5% dan sejumlah vitamin lainnya. 

Maka wajar saja, gandum menjadi salah satu alternatif makanan sehat dan bergizi. Untuk itu, berikut ulasan tentang manfaat gandum dari berbagai sumber. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral