Ilustrasi Kanker Serviks.
Sumber :
  • Istimewa/istockphoto.com

Duh! Ternyata Sebenarnya Ini 5 Gejala Kanker Serviks, Para Wanita Harus Tahu 

Kamis, 3 November 2022 - 18:03 WIB

Kesehatan - Para wanita Indonesia harus tahu soal penyakit satu ini, yakni kanker serviks. Karena, kanker serviks ini adalah kanker yang menyerang leher rahim dan mulut rahim. Hal itu dijelaskan Spesialis Obstetri dan Ginekologi, Dr. dr. Hariyono Winarto, Sp. OG (K). 

Hariyono Winarto sebutkan penyebab kanker serviks ini karena adanya papiloma manusia atau human papillomavirus. Selain itu, ia juga sebutkan penyakit kanker ini merupakan penyebab kematian kedua terbanyak wanita setelah kanker payudara.

Nah, dari data WHO sendiri pada tahun 2012 sekitar 270 ribu wanita meninggal karena penyakit kanker serviks. Maka dari itu, para wanita harus mengetahui akibat dan gejala penyakit kanker serviks ini.

Agar dapat mencegah penyakit kanker tersebut sehingga dapat terus menjaga kesehatan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 gejala penyakit kanker serviks yang wajib dikenali. 

Ilustrasi Virus pada Penyakit Kanker Serviks 

 

1. Pendarahan Vagina

Perdarahan vagina yang ekstrim, terutama di antara siklus menstruasi dan pendarahan setelah menopause dapat menjadi gejala dan tanda dari kanker seviks. 

Pada tahap awal kanker serviks mungkin sama sekali tanpa gejala.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral