kunyit.
Sumber :
  • Freepik/jigsawstocker

Manfaat Kunyit Sebagai Ramuan Herbal yang Redakan Demam Anak, Campurkan Bawang Putih, Jahe dan Jeruk

Sabtu, 5 November 2022 - 15:47 WIB

tvOnenews.com, Kesehatan - Sebagian dari kita jarang mengetahui bahwa, beberapa tanaman yang biasa kita jadikan sebagai bumbu masakan, ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Sebut saja kunyit, bawang putih, hingga cabai.

Tanaman kunyit hingga bawang putih bisa menjadi obat alternatif alami untuk mengobati sejumlah penyakit.

Dokter yang berfokus pada obat tradisional Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si mengatakan orang tua bisa menggantikan madu dengan kunyit sebagai bahan ramuan herbal untuk meredakan demam pada anak di bawah usia satu tahun.

"Karena madu kontraindikasi pada bayi di bawah satu tahun, di mana ada risiko botulisme, ada spora botulinum yang kemungkinan tidak atau kurang bisa diterima sistem pencernaan atau sistem imunitas bayi," kata dia dalam sebuah webinar kesehatan, dikutip dari Antara Sabtu (5/11/2022)

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) itu menuturkan kunyit dalam bentuk bubuk bisa diberikan dengan dosis 1/8 sampai 1/4 sendok teh lalu dimasukkan ke dalam ASI atau susu formula yang biasa bayi itu minum.

Volume ASI atau susu formula yang disesuaikan dengan yang biasa bayi itu konsumsi.

Inggrid mengatakan, ramuan ini sudah terbukti aman. Kontraindikasi hanya terjadi pada anak yang alergi dengan bahan, namun kasus alergi terhadap bahan herbal atau rempah dilaporkan sangat jarang terjadi.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:29
02:52
06:56
11:04
11:40
06:22
Viral