Ilustrasi Kelenjar Getah Bening.
Sumber :
  • Istimewa/istockphoto.com

7 Obat Alami Kelenjar Getah Bening Saat Bengkak, Sangat Mudah Diracik di Rumah

Senin, 14 November 2022 - 16:25 WIB

Kesehatan - Pembengkakan kelenjar getah bening atau dalam bahasa medis disebut limfadenopati merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan pembesaran kelenjar limfe pada ketiak, selangkangan, leher, dada, dan perut. 

Kelenjar limfe bertugas sebagai penyaring cairan limfe yang bersirkulasi di seluruh tubuh. Pembengkakan kelenjar getah bening dapat bersifat terlokalisir maupun umum (general). Kondisi ini paling sering ditemukan di daerah leher.

Bisanya penyebab pembengkakan kelenjar getah bening ketika sel-sel yang melawan infeksi dan cairan menumpuk, kelenjar getah bening membesar sampai berkali-kali ukuran normalnya. 

Hampir semua anak akan mengalami limfadenopati pada suatu waktu, karena kondisi ini biasanya terjadi sebagai respons terhadap infeksi dari virus seperti infeksi saluran pernapasan atas. 
Infeksi bakteri, seperti radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri streptokokus, juga bisa menyebabkan limfadenopati. Oleh karena kelenjar getah bening yang membesar sering dekat dengan sumber infeksi, lokasi mereka dapat membantu menentukan penyebabnya. 

Misalnya, bayi dengan infeksi kulit kepala mungkin mengalami pembesaran kelenjar getah bening di belakang leher. Sementara itu, kelenjar getah bening yang membengkak di sekitar rahang mungkin disebabkan oleh infeksi di gigi atau mulut. 

Namun, limfadenopati dapat bersifat umum, dengan pembesaran kelenjar getah bening di lebih dari satu area yang merupakan tanda khas dari penyakit virus.

Dilansir dari berbagai artikel kesehatan, ada 7 obat alami yang dapat meredahkan pembengkakan akibat kelenjar getah bening sebagai berikut. 

Lidah Buaya

1. Lidah Buaya

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral