Ilustrasi Seseorang sedang Periksa Kanker Kelenjar Getah Bening.
Sumber :
  • Istimewa/istockphoto.com

Tata Cara Atasi Kanker Kelenjar Getah Bening, Kenali 7 Gejalanya

Senin, 21 November 2022 - 22:03 WIB

Kesehatan - Penyakit kanker memang sangat beresiko, sebab bisa mengakibatkan kematian. Terutama, pada penyakit kanker kelenjar getah bening. Namun, bukan berarti penyakit kanker kelenjar getah bening ini tidak bisa diobati. 

Dilansir dari berbagai kanal kesehatan, Spesialis penyakit dalam, dokter Dewi Widyastuti menjelaskan tata cara mengatasi kanker kelenjar getah bening.
"Untuk mengatasi kanker kelenjar getah bening. Pertama tentukan terlebih dahulu stadiumnya agar bisa mengetahui arah pengobatannya, dengan melakukan pemeriksaan berupa biopsi pada benjolan,” kata Spesialis penyakit dalam, dokter Dewi Widyastuti. 

Ilustrasi Seseorang Alami Kanker Kelenjar Getah Bening.

Setelah dilakukan biopsi, lanjut dia, dokter akan menentukan jenis sel kemudian dilakukan pengobatan. 

“Pengobatannya bisa berupa radiotherapy, atau juga bisa dalam bentuk chemotherapy,” pungkasnya. 

Selain itu, ia jelaskan kanker kelenjar getah bening adalah jenis penyakit berupa adanya pertumbuhan sel abnormal pada sistem limfatik, yaitu salah satu bagian dari sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. 

Nama lain dari kanker kelenjar getah bening adalah limfoma. Spesialis penyakit dalam itu juga katakan, apabila seorang mengalami kanker kelenjar getah bening akan ditandai dengan munculnya beberapa ciri diantaranya demam terus menerus, benjolan terasa nyeri dan cepat lelah.

“Awalnya kelenjar getah bening ini bisa ditemukan di mana saja di area sekitar kelenjar getah bening. Biasanya ada di leher, kemudian di selangkangan atau di area ketiak (aksilaris),” ujar Dokter Dewi.

Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral