Ilustrasi ibu muda yang sedang bercengkrama dengan buah hatinya..
Sumber :
  • Antara

Bagaimana Cara Membangun Ikatan Dengan Buah Hati? Simak Tips Berikut

Sabtu, 26 November 2022 - 16:48 WIB

Jakarta - Ikatan atau bonding antara orang tua dan anak sejak lahir merupakan hal penting yang harus dibangun seiring perkembangan anak.

Penelitian yang dilakukan oleh Sutton Trust yang dilaporkan oleh The Guardian beberapa waktu lalu menyebutkan, bahwa ikatan antara orang tua terutama ibu dengan anak, dapat mempengaruhi perilaku anak termasuk prospek masa depan mereka.

"Ikatan yang lebih baik antara orang tua dan anak dapat mempengaruhi mobilitas sosial yang lebih baik, karena ada kaitan yang jelas dengan pendidikan, perilaku, dan pekerjaan anak itu di masa depan," kata Conor Ryan selaku direktur penelitian tersebut.

Ikatan yang terjalin sejak anak masih dalam kandungan juga dapat membuat anak merasa dunia adalah tempat aman dan nyaman untuknya, sehingga ini menjadi pondasi yang kuat bagi tumbuh kembang anak baik fisik maupun mental.

Selain menyusui, berikut ini adalah sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk membangun ikatan yang kuat antara orang tua dengan anak, berdasarkan keterangan pers dari produk perawatan bayi Bebble yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Sering menyentuh dan memeluk anak akan membuat mereka merasa nyaman dan terlindungi. Selain sentuhan dan pelukan, memberikan respon ketika mereka menangis atau berbicara juga dapat membuat mereka merasa aman dan dihargai.

Bayi yang baru lahir perlu mendapat banyak rangsangan termasuk dari suara. Suara hangat orang tua dapat membuat mereka merasa nyaman, dan anak akan dapat mengenali suara orang tuanya bila selalu diajak bicara bahkan dinyanyikan oleh orang tuanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral