Tummy Time Ilustrasi by Pexels..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ronaldo Bramantyo

Apa Itu Tummy Time dan Manfaatnya untuk Bayi?

Rabu, 30 November 2022 - 10:06 WIB

Sejak usia dini perkembangan anak wajib diperhatikan oleh para orang tua, karena di usia-usia awal tersebut bisa menjadi salah satu penentu pada perkembangan anak kelak ketika sudah beranjak dewasa. Ada beberapa langkah sederhana namun penting  yang harus orang tua berikan sejak anak-anak masih dalam usia bayi, salah satunya adalah dengan memberikan tummy time.

Apa itu tummy time? 

Tummy time adalah posisi bayi tengkurap dan menjadikan perut sebagai tumpuannya selama beberapa saat. Tummy time ini termasuk aktifitas fisik untuk sang bayi, sama seperti kegiatan olahraga bagi orang dewasa. 
Lalu apa manfaatnya tummy time untuk bayi? 

Dikutip dari jurnal seorang dokter anak di Children’s Hospital Boston, Joanne Cox M.D, tummy time dapat melatih semua otot di bagian tubuh atas, seperti leher, punggung, dan lengan. Saat tengkurap, bayi akan belajar menyeimbangkan tubuh dan mengangkat kepala. Aktifitas sederhana ini lah yang kelak berperan dalam perkembangan lanjutan seperti duduk, berguling hingga berjalan.

Tak hanya itu, tummy time memiliki beberapa manfaat lain untuk sang buah hati di antaranya, membangun kekuatan otot tubuh bagian atas, mengembangkan keterampilan motorik dengan memegang dan meraih sesuatu, mencegah kepala bayi peyang atau sindrom kepala datar (plagiocephaly), mendorong pertumbuhan tepat waktu, menumbuhkan kemandirian dan kemauan belajar, dan membentuk keintiman antara orang tua dan bayi.

Coulter O’Berry, fisioterapis di Children Healthcare of Atlanta, Amerika Serikat mengatakan bayi yang jarang tummy time, salah satu risikonya dapat mengalami ketegangan di bagian otot leher atau tortikolis, di mana bayi tidak dapat menggerakkan lehernya secara sempurna sehingga kepalanya miring secara tidak wajar karena otot leher kaku. Bahkan bayi yang jarang melakukan tummy time seringkali mengalami keterlambatan gerak.

Terus kapan bayi harus tummy time?

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral