Ilustrasi Darah Tinggi.
Sumber :
  • Freepik.com

Catat! Dengan Mengonsumsi 5 Jenis Buah Ini Dipercaya Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Minggu, 11 Desember 2022 - 20:50 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu jenis penyakit yang jika diabaikan bisa menjadi penyebab komplikasi dari berbagai macam jenis penyakit lainnya seperti penyakit jantung hingga stroke.

Dalam keadaan normal seseorang memiliki tekanan darah sekitar 120/80 mmHg dan orang dapat dikatakan mengalami hipertensi atau darah tinggi ketika tekanan darah menunjukkan angka lebih dari 130/80 mmHg.

Meski tekanan darah dapat meningkat karena beberap faktor, jika tekanan darah tinggi tidak diatasi dengan baik, kondisi ini dapat memicu berbagai gangguan kesehatan yang berbahaya.

Darah tinggi umumnya dipicu oleh beberapa faktor, seperti gaya hidup kurang sehat, kurang aktivitas fisik, hingga obesitas. Bukan hanya itu, jika ada anggora keluarga dengan penyakit darah tinggi maka ini akan membuat kamu berisiko mengalami kondisi serupa.

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit darah tinggi yang perlu diwaspadai adalah sakit kepala, napas menjadi lebih pendek, hingga mimisan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika anda mengalami darah tinggi mulai dari mengontrol berat badan, membatasi aasupan garam, dan juga mengonsumsi makan-makanan yang sehat dan bergizi.

Meski kini ada berbagai jenis obat yag dapat mengontrol tekanan darah bagai para penderita darah tinggi atau hipertensi, namun jika mengonsumsi obat-obatan secara terus menurus pun akan menimbulkan efek samping pada tubuh.

Maka dari itu kini banyak sekali orang yang beralih menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit termasuk salah satunya adalah penyakit darah tinggi.

Kita ketahui bahwa buah-buahan kerap sekali di rekomendasikan sebagai baha-bahan alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit karean memiliki berbagai macam manfaat yang bergizi bagi kesehatan tubuh.

Melansir dari situs halodoc berikut 5 jenis buah-buahan yang dipercaya ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi.  

Alpukat

Diketahui jika buah alpukat memiliki kandungan potasium yang di[ercaya bisa membantu mengontrol tekanan darah yang tinggi. Bagi anda yang menderit darah tinggi anda bisa mengonsumsi buah alpukat.

Anda bisa mengonsumsi buah alpukat denga berbagai macam cara mulai dari dimakan dalam betuk utuh, di jus, atau bisa juga mencampurkannya kedalam salad yang segar.

Apel

Buah lainnya yang dikenal bisa mengontrol tekanan darah tinggi adalah apel karena memiliki banyak sekali nutrisi dan mineral di dalamnya. 

Hampir sama dengan alpukat kandungan potasium pada buah apel juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi buah apel setiap pagi untuk membantu kamu dalam menurunkan maupun mengontrol tekanan darah.

Pisang

Seperti yang disebutkan sebelumnya Potasium merupakansalah satu zat yang bisa mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi, maka dari itu buah pisang yang dikenal memiliki kandungan potasium yang cukup tinggi sangat baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi.

Potasium adalah salah satu mineral yang bisa mengurangi efek natrium dan menurunkan ketegangan di dinding pembuluh darah. Hal ini membantu kamu menurunkan risiko tekanan darah tinggi.
 

Stroberi

Stroberi mengandung antioksidan yang dikenal sebagai antosianin. Kandungan ini diketahui bisa membantu kamu mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Tomat

Tomat juga mengandung potasium yang baik untuk menurunkan darah tinggi. Kamu bisa mengonsumsi tomat dalam salad, dikonsumsi secara langsung dalam bentuk buah, atau dijadikan makanan sehat lainnya. (akg)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral