Daun Kelor.
Sumber :
  • Pixabay.com

Mengonsumsi Air Rebusan Daun Ini Dipercaya Ampuh untuk Menurunkan Kadar Asam Urat di Tubuh

Selasa, 13 Desember 2022 - 22:36 WIB

Jakarta, tvOnenews.com –  Termasuk jenis peradangan pada sendi, asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat di Indonesia.

Para pederita asam urat umumnya akan merasakan nyeri yang tidak tertahankan pada area-area persendian yang biasanya diikuti degan munculnya pembengkakan dan juga rasa panas pada area tersebut.

Setiap orang sebenanrnya memiliki senya asam urat pada tubuh mereka, namun yang membedakan adalah jumlah senyawa tersebut yang dihasilkan oleh tubuh manusia dan menyebabkan penumumpukan kristal asam urat di tubuh.

Secara normal senya asam urat pada tubuh manusia berguna untuk mengurangi kadar purin yang merupakan salah satu zat alami yang punya beragam fungsi penting di tubuh.

Purin pada tubuh manusia memiliki fungsi untuk mengatur pertumbuhan sel hingga menyediakan energi dimana nantinya saat sudah selesai digunakan oleh tubuh, asam urat akan dibuang melalui urine. 

Bisanya penyakit asam urat akan muncul ketika adanya penumpukan kristal asam urat hal tersebut karena tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau terdapat ganguan pada ginjal yang membuat terlalu sedikitnya asam urat yang keluar dari tubuh.

Ketika hal tersebut terjadi asam urat dapat menumpuk lalu terbuntuk kristal urat tajam seperti jarum di bagian sendi dan di sekitarnya yang menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan.

Mengutip dar situs Halodoc dikatakan jika penyakit asam urat biasanya lebih mudah menyerang para pria, dan khusunya mereka yang sudah berusia diatas 30 tahun.

Para penderita asam urat bisanya akan merasakan gejala-gejala seperti berikut:

  • Sendi mendadak terasa sangat sakit.
  • Kesulitan untuk berjalan akibat sakit yang mengganggu, khususnya di malam hari.
  • Nyeri akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam dan disertai nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi.
  • Saat gejala mereda dan bengkak pun mengempis, kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal.
  • Meski gejala penyakit ini bisa mereda dengan sendirinya, harus tetap dilakukan pengobatan untuk mencegah risiko kambuh dengan tingkat gejala yang meningkat.
  • Biasanya para penderita asam urat akan mengonsumsi obat-obatan berdasarkan resep dari dokter yang berfungsi untuk menurunkan kadar asam urat yang menumpuk di dalam tubuh.

Meski semua sendi pada tubuh manusia memiliki resiko yang sama untuk terkena asam urat, namun umumnya sendi yang paling sering terserang asam urat adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Rasa sakit yang dirasakan oleh para penderita asam urat biasanya berlangsung dalam rentang waktu selama 3-10 hari, dengan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama.

Saat ini gejala penyakit ini bisa mereda dengan sendirinya, harus tetap dilakukan pengobatan untuk mencegah risiko kambuh dengan tingkat gejala yang meningkat.

Biasanya para penderita asam urat akan mengonsumsi obat-obatan berdasarkan resep dari dokter yang berfungsi untuk menurunkan kadar asam urat yang menumpuk di dalam tubuh.

Namun dengan mengonsumsi obat secara terus menurus juga dapat menimbulkan efek samping pada tubuh, maka dari itu ada air rebusan daun kelor dipercaya mampu menjadi obat alami yang ampuh untuk menurunkan kadar asam urat pada tubuh.

Daunkelor dipercaya punya manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia termasuk menurunkan kadar asam urat pada tubuh bahkan daun kelor dipercaya sebagai makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Banyak sekali pengalaman dari orang-orang yang sembuh dari penyakit asam urat dengan mngonsumsi daun kelor. Daun Kelor sendiri mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang berperan sebagai antiradang. 

Selain itu vitamin pada daun kelor juga dapat membantu mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh karena kandungan vitamin C didalamnya yang dapat membantu pengeluaran asam urat melalui urin.

Namun yang perlu diingat ketika anda mencoba untuk mengonsumsi daun kelor secara rutin untuk menyembuhkan asam urat pastikan anda mengonsumsinya secara secukupnya dan tidak berlebihan.

Serta perlu diimbangi pula dengan pengaturan makan, seperti menghindari konsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, serta makanan berlemak dan tinggi gula.

Itulah manfaat daun kelor yang merupakan obat alami paling ampuh untuk meurunkan kadar asam urat pada tubuh. Semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba. (akg)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral