Ilustrasi seseorang yang mengalami penyakit penyerta musim hujan.
Sumber :
  • Istimewa

3 Penyakit Penyerta Musim Hujan yang Siap Menyerang, Hati-hati Ada yang Berisiko Menyebabkan Kematian

Selasa, 3 Januari 2023 - 11:26 WIB

Jakarta – Tingginya intensitas hujan ternyata juga punya pengaruh besar terhadap kondisi kesehatan. Pada musim hujan seperti ini tidak sedikit orang yang mengeluhkan kondisi badan kurang fit. Hal tersebut wajar karena pada musim hujan mikroba dan virus lebih mudah untuk berkembang biak, sehingga menimbulkan penyakit.

Kondisi ini akhirnya membuat seseorang jadi lebih rentan terserang penyakit. Namun tidak perlu khawatir, sebenarnya dengan upaya hidup sehat yang optimal daya tahan tubuh juga akan meningkat secara signifikan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) membagikan informasi terkait penyakit penyerta musim hujan atau penyakit yang kerap muncul ketika musim hujan tiba. Sejauh ini ada 3 penyakit penyerta musim hujan yang umum terjadi pada masyarakat.

Penyakit-penyakit ini ada yang tergolong bergejala ringan hingga berstatus membahayakan nyawa. Berikut ini adalah 3 jenis penyakit penyerta musim hujan versi Kemenkes RI.


Ilustrasi seseorang yang sedang sakit saat musim hujan (Freepik)

Influenza

Penyakit pertama yang muncul ketika musim hujan tiba umumnya merupakan jenis penyakit yang menyerang pernapasan. Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), influenza merupakan penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh virus influenza.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
25:54
04:20
02:33
00:52
02:08
Viral