Cara menggemukkan badan.
Sumber :
  • Freepik

5 Cara Menggemukkan Badan yang Efektif Tanpa Obat-obatan, Ternyata Hanya dengan Melakukan....

Selasa, 3 Januari 2023 - 22:41 WIB

Jakarta – Di tengah gempuran masyarakat yang sibuk diet, ada orang-orang yang bingung untuk menggemukkan badan. Pasalnya, cara menggemukkan badan yang ideal ini cenderung kurang diekspose layaknya metode diet yang paling efektif.

Padahal tidak sedikit orang yang mengalami berat badan kurang dan mencari cara menggemukkan badan yang efektif. Jangan salah, berat badan rendah bukan masalah sepele, karena berisiko menyebabkan tubuh jadi lebih cepat lelah, sistem imun lemah, anemia, dan rentan mengalami masalah tulang.

Maka dari itu, setiap orang sebaiknya rutin menimbang berat badan dan mengukur indeks massa tubuh atau IMT. Tujuannya untuk bisa mengontrol kondisi tubuh, apakah sudah ideal secara kesehatan atau belum.

Meskipun ingin memiliki berat badan ideal, sebaiknya jangan coba-coba untuk mengonsumsi obat penggemuk badan instan, ya. Pasalnya, obat-obatan yang menjanjikan efek instan cenderung kurang sehat dan berisiko bahaya bagi organ tubuh.


Cara menggemukkan badan yang ideal (Freepik)

Alternatifnya, cobalah menggemukkan badan dengan melakukan cara-cara alami. Berikut ini adalah 5 cara menggemukkan badan tanpa mengonsumsi obat-obatan yang bisa dicoba.

Konsumsi makanan yang berlemak baik

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menggemukan badan adalah banyak mengonsumsi makanan berlemak baik. Meski begitu lemak yang masuk ke dalam tubuh tetap harus dalam kategori lemak sehat atau lemak tak jenuh, ya.

Jenis lemak ini misalnya adalah omega-3 dan omega 6. Kedua lemak ini kaya akan kalori sehingga baik untuk menjaga kesehatan tubuh karena tidak menyebabkan penimbunan lemak di pembuluh darah atau aterosklerosis.

Beberapa makanan yang dapat dikonsumsi karena mengandung lemak baik adalah alpukat, telur, ikan, dan kacang-kacangan.

Tingkatkan porsi makan

Cara menggemukkan badan yang bisa dilakukan selanjutnya adalah meningkatkan porsi makan harian. Jika tidak memungkinkan alternatifnya bisa dengan makan lebih sering.

Langkah tersebut bertujuan untuk menambah asupan kalori dan nutrisi dalam tubuh guna meningkatkan berat badan. Jika sebelumnya Anda makan 3 kali sehari, dalam agenda menggemukkan badan sebaiknya naikan frekuensi menjadi 5 hingga 6 kali sehari.

Berolahraga secara rutin

Jangan salah, olahraga bukan hanya cara untuk membuat badan kurus. Namun juga menjadi cara menggemukkan badan. Pasalnya, dengan olahraga secara rutin, terutama latihan kekuatan, berat badan akan meningkat secara signifikan.

Bukan itu saja, rutin berolahraga juga dapat meningkatkan nafsu makan seseorang. Dengan begitu asupan kalori dan nutrisi yang masuk dalam tubuh juga ikut bertambah. Jika dilakukan secara rutin hal ini bisa membuat berat badan cepat meningkat.

Memperbanyak minum susu

Susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt termasuk dalam sumber lemak, kalori, dan protein yang baik untuk tubuh. Bukan itu saja, susu juga mengandung banyak kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi.

Dilansir dari Alodokter, rutin meminum susu ternyata juga bisa jadi salah satu cara menggemukkan badan. Namun untuk bisa mendapatkan manfaat ini secara optimal sebaiknya intensitas minum susu dilakukan sebanyak 1 sampai 2 gelas per hati.

Lakukan ngemil sehat

Sudah bukan rahasia lagi kalau ngemil adalah salah satu cara menggemukkan badan yang paling ‘mudah’. Meski begitu jangan coba-coba untuk ngemil dengan makanan-makanan yang kurang sehat, ya.

Karena ngemil sembarangan justru bisa menghadirkan masalah baru pada tubuh. Sebaiknya hindari camilan yang berperisa asin atau makanan-makanan tinggi kalori, terutama yang berpotensi menyebabkan kenaikan gula darah dan tekanan darah.

Sebagai gantinya, pilihlah camilan yang sehat, misalnya greek yogurt dan buah-buahan. Mengonsumsi greek yogurt sangat disarankan karena tinggi protein, lemak baik, dan kalori yang bisa membantu menggemukkan badan dengan sehat.

Selain 5 tips di atas pastikan juga untuk mengonsumsi minuman-minuman sehat, seperti jus dan smoothie. Kedua minimuan ini bermanfaat baik untuk menambah kadar kalori dalam tubuh sehingga lebih cepat gemuk.

Jika tubuh masih belum bisa gemuk seperti yang diinginkan, sebaiknya lakukan konsultasi dengan ahli gizi untuk mengetahui tips yang lebih sesuai. Selamat mencoba. (Lsn)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral