Buah Pepaya.
Sumber :
  • Pexels.com

Punya Banyak Vitamin yang Baik untuk Tubuh, Berikut Manfaat dari Buah Pepaya untuk Pengidap Diabetes

Jumat, 13 Januari 2023 - 23:16 WIB

Jakarta, tvOnews.com - Buah pepaya dipercaya sebagai salah satu obat alami untuk para penderita diabetes atau penyakit gula. Diabetes sendiri menjadi salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh banyak orang. 

Diabetes sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang biasanya akan diderita untuk jangka waktu yang cukup panjang. Penyakit yang berkaitan erat dengan kadar gula pada tubuh ini biasanya muncul karena faktor keturunan atau gaya hidup yang terlalu banyak mengonsumsi makanan-makanan dengan kadar gula tinggi. 

Diabetes akan diketahui dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) pada tubuh yang berada di atas nilai normal. Karena diabetes terjadi ketika tubuh pengidapnya tidak lagi mampu mengambil gula (glukosa) ke dalam sel dan menggunakannya sebagai energi.

Dimana hal tersebut menyebabkan terjadinya penumpukan gula pada tubuh para pengidapnya dan jika tidak ditangani penyakit ini bisa sangat berbahaya dan menyebabkan kerusakan pada bagian organ serta jaringan pada tubuh. 

Saat ini ada banyak obat medis untuk penyakit diabetes yang dinilai cukup ampuh untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi pada tubuh, tapi kepopuleran obat herbal untuk penyakitnya ini pun masih banyak diminati oleh masyarakat.

Namun satu hal yang perlu diperhatikan mengonsumsi obat herbal untuk diabetes tidak boleh sembarangan karena hal tersebut bisa mempengaruhi efektivitas dari obat medis.

Salah satu jenis buah-buahan yang kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya dinilai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh termasuk untuk para penderita diabetes.

Melansir laman Halodoc berikut manfaat mengonsumsi buah pepaya dipercaya sebagai salah satu obat alami diabetes dan bisa turunkan kadar gula darah pada tubuh penderita Diabetes.

Buah pepaya dikenal sebagai salah satu jenis buah yang sangat baik dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh baik untuk melancarkan pencernaan hingga mencegah konstipasi.

Bukan hanya itu pepaya juga bisa memberi sederet manfaat lain untuk kesehatan tubuh dan ternyata juga bisa memberi banyak manfaat sehat bagi para pengidap diabetes.

Buah pepaya diketahui memiliki beragam nutrisi yang menyehatkan untuk tubuh, buah ini kaya akan kandungan vitamin C, ternyata kandungan vitamin c nya lebih banyak dari buah jeruk.

Selain itu pepaya juga banyak mengandung vitamin A, B1, B3, B5, E, K, serat, kalsium, folat, potassium, dan magnesium. Buah ini juga tetap aman dikonsumsi oleh penderita meski punya rasa yang manis yang menandakan adanya kandungan gula. 

Dengan rutin mengonsumsi pepaya yang sudah difermentasi dipercaya bisa membantu menurunkan kadar gula pada pengidap diabetes, maka dari itu sangat disarankan untuk memilih pepaya yang sudah difermentasi.

Hal tersebut karena karena kadar gula dalam buah pepaya yang sudah difermentasi sudah lebih stabil, sehingga hal tersebut masih aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. 

Tapi buah pepaya yang masih segar masih tetap boleh dikonsumsi pengidap diabetes, karena memiliki kandungan air dan gula yang cenderung tinggi, pepaya sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Satu hal yang perlu diingat untuk para pederita diabetes yang rutin mengonsumsi obat, sebaiknya tidak mengonsumsi buah pepaya secara berlebihan, sebab dikhawatirkan bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi terlalu rendah dan memicu kondisi yang disebut hipoglikemia. 

Kandungan yang Terdapat dalam Pepaya

Dalam secangkir buah pepaya segar mengandung sekitar 11 gram gula dan pengidap diabetes sebaiknya membatasi asupan gula tambahan untuk mengatur berat badan dan menjaga gula darah dalam kisaran target. 

Indeks glikemik merupakan nilai yang diberikan untuk sebuah makanan berbeda untuk menunjukkan seberapa cepat makanan tertentu meningkatkan gula darah itu sangat  membantu pengidap diabetes yang sedang menjaga gula darah dalam kisaran target tertentu. 

Dan berdasarkan indeks glikemik buah pepaya mendapat skor 60, sehingga hal tersebut tidak menaikkan gula darah terlalu cepat. (akg)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral