Petis tangkar sapi..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Petis Tangkar Sapi, Kuliner Unik Khas Pati Berbahan Dasar Tepung Jagung

Rabu, 3 Mei 2023 - 17:38 WIB

Pati, tvOnenews.com – Selain nasi gandul, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, juga terkenal dengan makanan petis kambing. Namun, karena menu kambing sangat dihindari oleh para penderita kolesterol dan darah tinggi, seorang warga Payang, Kecamatan Pati Kota, berhasil berinovasi mengganti petis kambing dengan tangkar sapi. Anda penasaran bagaimana lezatnya petis tangkar ini? berikut liputannya.

Jika anda singgah di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, selain nasi gandul, anda juga wajib mencoba menu kuliner unik petis tangkar. Ya, kuliner berkuah kental dari tepung jagung yang dipadukan dengan aneka rempah rempah dan tulang dalam sapi yang lunak ini terasa pedas, gurih, dan menyegarkan badan.

Makanan petis tangkar ini merupakan hasil inovasi Lasjan, warga Desa Payang, Kecamatan Pati Kota, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang mengganti bahan kambing dengan tangkar atau tulang dalam sapi yang lunak.

Ide kuliner petis tangkar ini tercipta karena menu kambing sangat dihindari oleh para penderita kolesterol dan darah tinggi. Untuk membuat petis tangkar, menggunakan bumbu rempah rempah antara lain bawang merah dan bawang putih, kemiri, merica, kunyit, laos, garam, penyedap rasa, gula, cabe rawit dan daun jeruk untuk menghilangkan bau anyir.

Untuk kuah petisnya menggunakan bahan baku tepung jagung dan isinya adalah tangkar atau tulang dalam sapi yang lunak.

Warung petis tangkar sapi milik pak Lasjan yang sudah 19 tahun menjual petis tangkar sapi, kini diteruskan oleh istrinya, bu Lasjan.

Di momen libur lebaran, warung petis tangkar sapi Lasjan ini selain pemudik, juga banyak dikunjungi warga dari sejumlah Kecamatan di Pati dan luar kota Pati yang sedang melakukan perjalanan silaturahmi lebaran di rumah saudaranya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
02:36
Viral