Lontong Balongan, Kuliner "Fushion" Jawa-Padang.
Sumber :
  • Abdul Rohim

Kuliner "Fushion" Jawa-Padang, Lontong Balungan Kikil Rendang

Jumat, 12 November 2021 - 09:20 WIB

Pati, Jawa Tengah – Jika biasanya menu lontong disajikan bersama tahu dan telur. Namun, salah satu kedai makan di Pati, Jawa Tengah, melakukan inovasi kuliner berbahan dasar lontong dipadukan dengan balungan, kikil, dan rendang. Kuliner perpaduan masakan Jawa dan Padang yang sensasi bumbunya sedap, gurih, dan pedas ini kini banyak digemari masyarakat Pati dan sekitarnya.

Adalah Safrudin, pemilik sebuah kedai makan di jalan Diponegoro pati yang berhasil membuat menu kuliner lontong balungan kikil dan rendang ini.

Lontong balungan kikil dan rendang ini berisi lontong, mie, nangka muda, balungan, kikil, dan rendang. Penyajiannya cukup sederhana dan cepat.

Namun, untuk proses memasaknya cukup menyita waktu, karena membutuhkan waktu yang lama, terutama memasak lontong dan balungannya. Belum lagi membuat rendangnya, agar bisa empuk dan enak, juga membutuhkan waktu lumayan lama.

Agar ada sensasi kriuknya, lontong balungan ini juga dilengkapi dengan krupuk dalam penyajiannya. 

Untuk menikmati sensasi gurih, pedas dan sedap lontong balungan ini, pertama bisa dicicipi kuah dan lontongnya terlebih dahulu. Kemudian jangan lupa balungan sapinya.

Supaya sensasi makan semakin asyik, makan balungan ini tidak usah memakai sendok dan garpu, tetapi langsung dengan tangan. Balutan daging di tulang atau dalam Bahasa Jawa disebut balungan ini, sangat empuk sekali.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:46
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
Viral