Ini Sambal Embem Sambal Terkenal di Musi Banyuasin.
Sumber :
  • Puja

Nikmatnya Rasa Sambal Buah Embem Khas Musi Banyuasin

Minggu, 3 September 2023 - 13:53 WIB

Musi Banyuasin, tvOnenews.com - Makan tanpa sambal rasanya kurang nikmat dan kurang selera, salah satu sambal terkenal di Sunatra Selatan, khususnya Musi Banyuasin, yaitu sambal buah embem. Sambal embem ini sangat diminati warga untuk hidangan makan bersama keluarga.

Nah untuk membuat sambal embem ini sangat mudah sekali, pertama siapkan buah mangga pakel, atau warga sekayu menyebutnya dengan buah embem. Kupas buah embem, cuci hingga bersih, kemudian cacah kecil-kecil.

Siapkan bumbu sambal, seperti cabe rawit merah, terasi udang, bawang merah dan bawang putih, tomat, atau cung kediro, garam, gula putih, dan tambahkan bumbu penyedap. Haluskan semua bumbu dengan menggunakan ulekan.

Tambahkan terasi yang sudah dimasak, kemudian masukkan irisan buah embem dan ulek hingga terasa sedapnya. Nah jika sudah beraroma sedap, sambal embem siap untuk disajikan sebagai menu masakan bersama keluarga, apalagi sambal embem dimakan dengan gulai pindang khas Musi Banyuasin, rasanya nikmat luar biasa.

"Itu adalah sambal spesial warga Musi Banyuasin, sambal embem itu kami selalu menyiapkan dalam setiap makan bersama keluarga. Rasanya manis asam pedas gurih, pokoknya lezat banget sambal embem ini. Keluarga kami paling suka dengan sambal embem, sambal embem ini cukup terkenal dengan aroma rasa yang luar biasa,” pungkas Ema Yustika warga Kota Sekayu.

Anda bisa langsung datang ke wilayah Musi Banyuasin untuk memburu kuliner terkenal di Hulu Sungai Musi, seperti salah satunya sambal embem. (pka/nof)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral