suasana Sadranan di lereng Gunung Merbabu, Desa Gubug, Kecamatan Cepogo, Boyolali..
Sumber :
  • tim tvOne - Agus Saptono

Melihat Lebih Dekat Tradisi Saparan Warga Lereng Gunung Merbabu Boyolali

Minggu, 10 September 2023 - 11:16 WIB

Boyolali, tvOnenews.com - Ratusan warga yang berada di lereng Gunung Merbabu, tepatnya di Dukuh Gunung Wijil, Desa Gubug, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah mengikuti kenduri di pemakaman umum desa setempat, Sabtu (9/9/2023).

Ritual tersebut merupakan agenda rutin turun-temurun yang dilakukan warga lereng Gunung Merbabu setiap bulan Sapar dalam penanggalan Jawa. Tradisi itu dikenal dengan sebutan Saparan.

Pantuan di lokasi, tradisi Saparan diawali dengan menyiapkan perlengkapan yang berisi berbagai jenis makanan hasil bumi dan jajanan pasar. Sesaji itu kemudian dibawa warga dengan berjalan kaki menuju pemakaman umum yang berjarak sekitar 1 kilometer.

Setelah sampai di lokasi pemakaman, warga kemudian menggelar tahlilan dan doa bersama yang dipimpin oleh tokoh agama setempat. Warga kemudian menyantap bersama-sama makanan yang mereka bawa.

Tokoh masyarakat setempat, Joko Sarjono menjelaskan, tradisi Saparan bertujuan untuk mengirim doa para leluhur yang telah meninggal dunia. Dari ritual itu, warga berharap dimudahkan dalam mencari rezeki serta diberikan kesehatan. 

"Tadi menggelar tahlil dan doa bersama. Tradisi turun-temurun ini digelar setiap bulan Sapar. Ini adalah untuk mengirim doa kepada nenek moyang kita yang telah meninggal di sini," ujarnya.

Warga lainnya, Putut Tetuko mengatakan, setelah ritual di makam selesai, warga kemudian pulang dan dilanjutkan bersilaturahmi ke tetangga.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral