Keindahan Air Terjun Pendung Semurup di Jambi.
Sumber :
  • Arizal Antoni

Air Terjun Pendung Semurup, Surga Tersembunyi di Kerinci

Sabtu, 27 November 2021 - 07:14 WIB

Kerinci, Jambi - Kabupaten Kerinci yang merupakan kawasan tropis dan daerah pegunungan, banyak menyimpan keindahan alam dan merupakan Surga yang tersembunyi. Tak ayal Kabupaten Kerinci disebut-sebut merupakan Sekepal Tanah Surga, karena memiliki keindahan alam yang natural. Tak dapat dipungkiri akhirnya Kerinci dijadikan branding pariwisata Provinsi Jambi.

Sejumlah lokasi dijadikan objek wisata oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Salah satunya air terjun Pendung Semurup, yang berada pada sebuah ngarai. Pesona alam ini berada di tempat yang dikeliling dinding-dinding batu, membuat air terjun ini sangat eksotis dan menawan. 

Meskipun letaknya tersembunyi dan terpencil, tetapi sama sekali tak menyurutkan niat wisatawan untuk berkunjung ke air terjun dengan ketinggian sekitar 16 meter ini. Suasana alami nan lestari pun seolah menjadi magnet, yang membuat wisatawan betah berlama-lama menikmati panorama air terjun.

Secara geografis, Air Terjun Pendung terletak pada Desa Pendung Mudik, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci. Bagi wisatawan yang hendak berkunjung, maka setidaknya harus menempuh jarak 10 kilometer dari Kota Sungai Penuh. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 30 menit dan pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum seperti angkot.

Perjalanan sesungguhnya baru dimulai saat tiba di Desa Pendung Mudik. Dari permukiman warga, wisatawan harus berjalan kaki kurang lebih selama 45 menit hingga satu jam. Medan yang cukup berat pun telah menanti, karena wisatawan harus melewati hutan dan perbukitan. 

Sebelum memasuki air terjun, para wisatawan akan menjumpai batu besar, yang juga merupakan objek wisata. Batu besar inilah, merupakan gerbang untuk memulai perjalanan menuju Air Terjun Pendung Semurup.

Dalam perjalanan menuju air terjun, wisatawan akan menjumpai berbagai macam rintangan. Seperti menyeberangi sungai dan menapaki jalan ekstrim yang langsung berbatas jurang cukup dalam. Bebatuan licin pun akan banyak ditemukan, sehingga wisatawan harus tetap waspada dan berhati-hati.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral