Gulai Santan Ikan Baung Khas Musi Banyuasin.
Sumber :
  • Puja

Kelezatan Gulai Santan Ikan Baung Khas Musi Banyuasin

Minggu, 15 Oktober 2023 - 09:13 WIB

Musi Banyuasin, tvOnenews.com - Kabupaten Musi Banyuasin merupakan salah satu wilayah di Sumatra Selatan, yang sangat terkenal dengan berbagai menu masakan tradisonal.

Bahkan, beberapa masakannya terkenal di Nusantara. Salah satunya adalah menu masakan yang berbahan dasar dari ikan baung, ikan yang berasal dari perairan Sungai Musi.

Olahan menu masakan yang satu ini bernama, Gulai Pindang Ikan Baung Santan. Menu masakan ini sangatlah digemari oleh warga dan juga merupakan salah satu masakan andalan selain pindang.

Untuk membuatnya, cukup sediakan ikan baung segar yang sudah dibersihkan, kemudian racikan bumbu spesialnya seperti, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih, kunyit, serai, laos, garam, gula pasir, serta bumbu penyedap serta santan kelapa.

Haluskan semua bumbu dengan menggunakan ulekan cabai, kemudian masukan kedalam kuali iseng hingga setengah matang, lalu masukan ikan baung, tambahkan daun jeruk dan daun salam.  Masukan santan kelapa setelah ikan hampir masak, dan setelah matang, siap disajikan untuk menu makan bersama keluarga.

“Rasanya kalau tidak memasak gulai ikan baung santan ini, kurang sempurna makan bersama keluarga kami. Yang sangat senang adalah suami dan anak-anak saya, gulai ikan baung santan ini, bahkan rasanya sangat khas dan lezatnya luar biasa,” ungkap Indah warga Teladan Sekayu.

Nah bagi Anda yang belum pernah mencoba masakan yang satu ini, boleh mencoba untuk membuat sendiri di rumah. Atau Anda bisa mencobanya langsung sambil berwisata ke Bumi Serasan Sekate, Muba. (pka/nof)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral